Wajib Cek Fungsi Persneling Transmisi Manual Saat Beli Mobil Bekas

Slemon, virprom.com – Membeli mobil bekas membutuhkan kemampuan untuk memeriksa kondisi setiap komponen, termasuk transmisinya.

Namun pemeriksaan secara mendetail biasanya membutuhkan usaha lebih sehingga tidak bisa dilakukan pada tahap pertemuan pertama.

Namun konsumen bisa melakukan tes sederhana terhadap mobil bekas untuk mengetahui apa kesannya.

Baca juga: Jika Mobil Bekas Manual Mengalami Masalah Transmisi, Waspadai Hal Ini

Hardy Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan ada beberapa cara untuk memastikan transmisi normal saat mencari unit mobil bekas.

Beberapa pengujian ringan bisa dilakukan, yakni dengan memutar tuas transmisi manual, ada dua jenisnya, yakni perpindahan kanan-kiri dan maju-mundur, keduanya bisa mendeteksi kerusakan pada setiap komponen yang terlibat, kata Hardy kepada Kompas. com. Senin (10/6/2024).

Hardy mengatakan, ketika tuas transmisi manual digerakkan ke kiri dan ke kanan, maka komponen yang terlibat adalah perangkat kendali atau perangkat tuas persneling.

Baca juga: Bisakah Tuas Transmisi Manual Dipindah Tanpa Tekan Kopling?

Hardy mengatakan, “Jika tuasnya digerakkan ke kanan atau ke kiri maka akan kembali ke posisinya yang berarti alat kendalinya masih bagus, dengan kata lain ball joint dan mekanik lainnya masih bekerja seperti semula.” mereka harus.”

Menurut Hardy, kerusakan gigi bisa terjadi karena faktor usia, beban, dan penggunaan transmisi manual pada mobil. Jadi, roda gigi bisa aus dan performanya menurun.

Hardy mengatakan, “Akan menjadi masalah jika gigi tidak mau kembali ke posisi tengah dengan sendirinya; pengemudi akan kesulitan menentukan posisi tuas transmisi saat berkendara, karena pikiran pengemudi harus tetap ke depan.”

Baca juga: Tanda-tanda Kualitas Oli Transmisi Manual Menurun

Hardy mengatakan, selain dapat digeser ke kanan dan kiri, gigi juga dapat digeser maju dan mundur untuk memastikan alat pengunci berfungsi dengan baik.

“Kalau tuasnya digerakan maju mundur tidak boleh kembali ke tengah dengan sendirinya, melainkan harus mentok, ini menandakan komponen dalam transmisi dan persneling masih normal, jika rusak maka akan menyulitkan. untuk melakukannya, kata Locke Hardy.

Hardy mengatakan kedua pemeriksaan tersebut wajib dilakukan saat membeli mobil bekas karena merupakan langkah awal sebelum pemeriksaan selanjutnya.

Baca juga: Mungkin Sudah Saatnya Ganti Oli Transmisi Manual, Ketahui Alasannya

Hardy pun meyakinkan, cara tersebut aman atau tidak merusak komponen transmisi seperti saat mesin dimatikan, menghentikan mobil tanpa menekan kopling.

Oleh karena itu, selain memeriksa bagian dalam transmisi, konsumen juga wajib memeriksa apakah fungsi gigi dapat beroperasi dengan baik dan normal. Dengarkan pilihan berita terkini dan berita utama kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top