Jika Joe Biden Mundur dari Pencalonan Presiden AS, Apa yang Terjadi?

Joe Biden mengatakan dia tidak akan kemana-mana. Presiden Amerika Serikat (AS) pada Kamis (11/7/2024) kembali menolak keras seruan penarikan pencalonan presiden pada pemilu November mendatang. Dia mengatakan dia akan menjadi calon dari Partai Demokrat untuk mengalahkan Donald Trump.

Namun ketegasan presiden berusia 81 tahun itu tidak banyak meredakan kekhawatiran mengenai usianya setelah perdebatan sengit bulan lalu, ketika ia tampak bingung dan tidak mampu mengartikulasikan beberapa posisi kebijakannya.

Jajak pendapat Washington Post/ABC pada hari Kamis menemukan bahwa 67 persen responden, termasuk 56 persen dari Partai Demokrat, menginginkan Biden mengakhiri kampanyenya. Panggilan untuk pengunduran diri

Pada hari yang sama, Anggota Kongres Wanita Hillary Scholten, Greg Stanton dan Ed Case bergabung dengan beberapa pejabat Partai Demokrat dalam menyerukan Biden untuk mengakhiri pencalonannya.

“Presiden Biden telah mendedikasikan hidupnya untuk melayani bangsa kita dan membangun generasi kepemimpinan Amerika berikutnya,” kata Scholten, yang mewakili distrik Michigan, dalam sebuah pernyataan.

Baca selengkapnya: Pejabat tinggi Partai Demokrat meminta Biden mundur dari pemilihan presiden AS tahun 2024

“Demi demokrasi kita, saya yakin sudah waktunya dia mundur dari pemilihan presiden dan mengizinkan pemimpin baru untuk maju,” lanjutnya, seperti dikutip Al Jazeera.

Beberapa anggota parlemen lainnya juga meminta Biden untuk mundur dari pencalonan, termasuk seorang senator – Peter Welch dari Vermont – yang mengatakan Rabu lalu bahwa Biden harus mengundurkan diri “demi kebaikan negara.”

Di luar Washington, DC, ikon Hollywood George Clooney – seorang donor yang produktif bagi kandidat Partai Demokrat – menulis opini pedas di New York Times minggu ini. Dia berpendapat bahwa usia Biden dapat merugikan partainya dalam pemilu.

“Kami (Partai Demokrat) tidak akan menang di bulan November dengan presiden ini. “Selain itu, kita tidak akan memperoleh mayoritas di DPR, dan kita akan kehilangan (mayoritas) di Senat,” tulis Clooney. “Ini bukan hanya pendapat saya; ini adalah pendapat para senator, anggota Kongres, dan gubernur Saya telah berbicara secara pribadi.”

Menurut Al Jazeera, yang memperburuk krisis politik Biden adalah membanjirnya berita berdasarkan sumber anonim yang mempertanyakan kemampuan presiden dalam memimpin negara.

Misalnya, CNN melaporkan pada hari Kamis bahwa Biden belum mengadakan rapat kabinet penuh sejak Oktober lalu dan bahwa rapat-rapat sebelumnya telah dirancang dan “diatur” agar menyerupai “pertunjukan”. Laporan ini didasarkan pada sumber anonim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top