Apa Saja Dampak Negatif Minum Kopi? Berikut 14 Daftarnya…

virprom.com – Asupan kopi berlebihan dapat menimbulkan efek samping tertentu bagi kesehatan Anda. Lalu apa saja dampak negatif dari minum kopi?

Beberapa dampak negatif dari minum kopi ternyata bisa Anda rasakan, yakni sakit kepala, gelisah, nyeri ulu hati, tremor otot, dan susah tidur.

Selain terlalu banyak minum kopi, efek samping tersebut juga bisa terjadi jika Anda lebih sensitif terhadap kafein atau tidak terbiasa minum kopi.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa efek samping kopi yang perlu Anda waspadai dan jumlah kopi yang wajar untuk dikonsumsi per hari.

Baca juga: Apa yang Tidak Boleh Dicampur dengan Kopi? Berikut daftar 7… Apa saja dampak negatif minum kopi?

Minum kopi terlalu banyak dapat menimbulkan efek samping tertentu yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Menurut MedicineNet, Anda bisa mengalami beberapa efek samping dari kopi, terutama jika meminumnya secara berlebihan, seperti: Sakit kepala Tekanan darah tinggi Gugup Kecemasan Pusing Mulas atau mulas Tremor otot Insomnia, sulit tidur, atau kurang tidur di malam hari. Frekuensi buang air kecil Dehidrasi Jantung berdebar-debar Detak jantung tidak teratur Peningkatan risiko pengeroposan tulang, terutama pada wanita saat menopause Peningkatan kadar kolesterol, terutama jika kopi tidak diolah atau disaring dengan benar.

Efek samping ini juga bisa terjadi jika Anda lebih sensitif terhadap kafein atau tidak terbiasa minum kopi.

Baca juga: Apa yang Tidak Boleh Makan Saat Minum Kopi? Ini 5… Berapa cangkir kopi sehari?

Minum kopi setiap hari umumnya aman dan tidak menimbulkan efek samping yang serius.

Namun, sebaiknya perhatikan batas konsumsi kopi per hari untuk menghindari beberapa efek samping yang disebutkan di atas.

Menurut Mayo Clinic, disarankan mengonsumsi tidak lebih dari 400 miligram (mg) kafein per hari, atau setara dengan empat cangkir kopi.

Sementara itu, wanita yang sedang berusaha untuk hamil, sedang hamil, atau sedang menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg atau sesuai anjuran dokter.

Bagi Anda yang mengonsumsi obat-obatan tertentu, dokter mungkin juga menyarankan Anda untuk membatasi atau berhenti minum kopi, karena dapat mengurangi efektivitas obat yang Anda konsumsi atau justru menimbulkan efek samping yang lebih serius.

Dengan memahami dampak negatif minum kopi, Anda bisa mulai memperhatikan bagaimana reaksi tubuh Anda setelah minum kopi.

Mereka yang mengalami efek samping tertentu mungkin perlu membatasi atau berhenti minum kopi.

Meski secara umum aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan, jumlah kopi yang diminum setiap hari sebaiknya dibatasi untuk menjaga kesehatan. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top