Peran Crumple Zone Mengamankan Penumpang Saat Mobil Terjadi Kecelakaan

SOLO, virprom.com – Crumple zone merupakan inovasi penting dalam desain keselamatan mobil modern.

Karena bagian depan dan belakang kendaraan merupakan area kusut yang mudah rusak atau hancur jika terjadi benturan, maka kerusakan pada komponen tersebut tidak berdampak langsung pada kompartemen penumpang.

Menurut Iwan, Pemilik Klinik Mobil Iwan Motor Honda, area kerut tersebut merupakan fitur keselamatan untuk melindungi penumpang dari cedera serius jika terjadi tabrakan.

Baca juga: Tanda-tanda Tekanan Udara pada Ban Mobil Rendah, Perlu Diwaspadai Pengendara

Struktur sasis kendaraan bagian depan dan belakang didesain agar interior penumpang lebih aman, kata Ivan kepada virprom.com, Jumat (5/7/2024).

Ivan menjelaskan, jika terjadi tabrakan dari depan atau belakang, alat penabrak dirancang untuk mengurangi energi kinetik yang diberikan ke interior kendaraan dan dirancang agar mudah pecah.

“Mobil masa kini banyak mengalami kerusakan jika terjadi benturan kecil, padahal ada bagian dari unsur keselamatannya, karena bahannya jelek,” kata Ivan.

Baca Juga: Biaya Perbaikan Bodi Mobil Dugaan Kerusakan Akibat Tabrakan

Pada saat terjadi kecelakaan, peranan crumple zone sangat penting dimana titik benturan yaitu bagian depan dan belakang kendaraan mudah rusak atau bahkan hancur. Dengan demikian aliran energi kinetik terhenti pada titik tersebut, sehingga tidak berpindah ke dalam kendaraan.

“Untuk menjaga sisi penumpang tetap utuh dan utuh. “Kalau bagian ujung mobil dibuat kaku atau kaku, maka tenaganya akan masuk ke interior dan interiornya rusak,” kata Ivan.

Itu sebabnya sebagian besar material yang digunakan dalam pembuatan mobil terbuat dari plastik yang mudah pecah. Itu bagian dari keselamatan, kata Ivan. Dengarkan berita terkini dan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda, untuk mengakses virprom.com Saluran WhatsApp: https://www .whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top