5 Fitur dan Teknologi Canggih yang Ada pada Mobil Flagship, Apa Saja?

virprom.com – Kata andalan tidak hanya dikenal di dunia ponsel. Dalam dunia otomotif, istilah ini digunakan untuk menggambarkan jenis-jenis utama kendaraan yang dimiliki suatu pabrikan.

Layaknya smartphone kelas atas, mobil bermerek juga memiliki fitur-fitur unik dan canggih. Selain memudahkan pengemudi dalam pengoperasiannya, fitur-fitur canggih tersebut juga berfungsi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat berkendara di jalan raya.

Lantas, keamanan, kenyamanan, dan teknologi apa saja yang ada pada mobil mewah? Simak ulasan berikut ini. 1. ADAS

Teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) adalah salah satu perangkat keselamatan terpenting di dunia yang tersedia pada mobil self-driving. Fitur ini hadir untuk mengurangi risiko human error saat berkendara.

ADAS menggunakan teknologi otomatis, seperti sensor, kamera, dan kecerdasan buatan (AI), untuk mendeteksi rintangan di sekitar atau kesalahan pengemudi secara real time.

Baca juga: INFOGRAFIS: Catatan 5 Tahun Perjalanan Wuling Motors di Indonesia

Saat terdeteksi, ADAS akan merespons dengan mengurangi kecepatan kendaraan. Faktanya, dalam beberapa situasi yang dianggap berbahaya, ADAS dapat mengaktifkan berbagai level mengemudi atau kendaraan otonom.

Seluruh fitur ADAS dapat mendeteksi rambu-rambu jalan untuk memberikan informasi sekitar kendaraan kepada pengemudi. 2. Fitur IoT

Fitur canggih berikutnya yang juga terdapat pada kendaraan besar adalah Internet of Vehicle (IoV). Fitur ini terhubung ke Internet dan dapat berfungsi sebagai perangkat berbasis Internet seperti ponsel.

Fitur IoV modern memungkinkan pemilik mobil melakukan banyak tugas melalui smartphone menggunakan aplikasi, mulai dari melacak lokasi mobil, memutar musik online hingga layar mobil, hingga browsing online.

Dari segi keamanan, fitur ini dapat digunakan untuk mencari lokasi kendaraan jika pengguna lupa lokasi kendaraannya di tempat parkir umum. Selain itu, dapat digunakan sebagai pagar elektronik untuk menjamin perlindungan terhadap risiko pencurian.

Baca juga: Wuling Air ev Terjual Ratusan 3. Fitur Perintah Suara

Salah satu teknologi pendukung keselamatan yang juga terdapat pada mobil self-driving adalah fitur perintah suara. Fitur ini hadir untuk memudahkan pengguna melakukan multitask di mobil.

Cukup dengan mengucapkan kalimat perintah, pengguna mobil dapat menyalakan AC, membuka dan menutup jendela, sunroof, mengakses hiburan, melakukan panggilan telepon, serta mendapatkan informasi waktu dan tanggal.

Oleh karena itu, pengemudi dan penumpang tidak perlu menekan tombol atau menyentuh tampilan layar untuk keperluan tersebut. Fitur ini juga dapat membuat pengemudi berkonsentrasi saat ingin melakukan multitask. Pasalnya, pengemudi tidak perlu melihat jauh-jauh dari jalan raya. 4. Kamera 360 derajat

Fitur lainnya adalah kamera 360 derajat. Fitur ini banyak digunakan pada mobil-mobil baru untuk kelas menengah ke atas.

Kamera ditempatkan di sekitar mobil untuk memberikan tampilan 360 mobil.

Baca juga: Daftar Harga Wuling Almaz Mulai Rp 298 Jutaan

Sekadar informasi, kamera 360 derajat berfungsi saat tuas transmisi dalam mode mundur. Pada posisi ini, monitor akan menampilkan kamera belakang, depan, dan samping.

Fitur ini memudahkan untuk melihat mobil dari berbagai sudut, mulai dari samping, depan, belakang, dan atas. Kamera 360 derajat berfungsi sebagai “mata” tambahan bagi pengemudi agar lebih mudah melihat dunia di sekitar mobil.

5. Interior premium dan mewah

Selain teknologi keselamatan yang canggih, mobil-mobil besar juga didesain dengan interior yang mewah dan mahal. Umumnya mobil berukuran besar memiliki kabin yang luas dan nyaman yaitu memiliki 7 tempat duduk atau 7 tempat duduk.

Kemewahan sebuah mobil mewah sangat terasa pada joknya yang dibalut dengan bahan kulit sintetis cantik. Jok dan sandarannya empuk dan nyaman saat berjalan.

Begitu pula dengan ruang kaki yang luas untuk memberikan kenyamanan bagi penumpangnya. Dengan begitu, penumpang tidak cepat lelah dalam perjalanan jauh.

Baca juga: Konsep Wuling Almaz Hybrid Diluncurkan

Selain itu, interior truk memiliki sistem hiburan, teknologi nyaman, speaker premium, dan charger nirkabel.

Inilah lima fitur canggih yang dapat memudahkan pengemudi serta menjamin keselamatan dan keamanan. Berdasarkan berbagai penelitian ilmiah, keselamatan berkualitas tinggi pada kendaraan besar telah terbukti membantu mengurangi risiko kecelakaan.

Misalnya saja penelitian yang dilakukan oleh Umar Zakir Abdul Hamid pada tahun 2017 menemukan bahwa tindakan keselamatan yang baik dapat mengurangi risiko kecelakaan dan menjaga jarak 2 meter dari benda di depan.

Salah satu supercar yang memiliki teknologi keselamatan terbaik dengan kemewahan dan kenyamanan interior adalah Wuling Almaz RS EX. Wuling Almaz RS EX merupakan sports utility vehicle (SUV) berukuran besar yang merupakan bagian dari keluarga Mobil Digital Pertama Leader.

Tak hanya memiliki interior yang mewah dan nyaman, SUV premium ini juga dibekali fitur keselamatan dan keamanan terbaik. Misalnya saja ADAS, Wuling Indonesian Command (WIND), dan Wuling Remote Control App.

Baca juga: Bagaimana cara merawat sensor ADAS pada Wuling Almaz RS?

Inovasi ADAS pada Almaz RS EX didukung tujuh fitur yang terbagi dalam tiga kategori. Pertama, Adaptive Cruise yang mencakup Adaptive Cruise Control (ACC) dan Bend Cruise Assistance (BCA).

Kedua, kategori Safe Distance Braking Assistance yang terbagi menjadi Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB). Ketiga, Integrated Brake Assist (IHBA).

Selain ADAS, Almaz RS EX juga menyertakan Wuling Remote Control App yang terintegrasi pada aplikasi MyWuling+. Berkat perangkat IoV, pengguna SUV Wuling dapat menggunakan smartphone mereka sebagai remote control kendaraannya.

Fungsi kendaraan yang dapat dikontrol melalui IoV antara lain membuka dan menutup jendela, memanaskan mesin, mendinginkan interior, mengenali lokasi kendaraan, dan grounding.

Fitur modern lainnya pada Almaz RS EX adalah perintah suara bahasa Indonesia atau WIND. Berkat fitur ini, pengguna dapat mengontrol berbagai fitur mobil dengan mengucapkan perintah dalam bahasa Indonesia.

Baca juga: Banyak Negara Asing yang Minati Wuling Air Buatan Indonesia

Misalnya mengatur AC, membuka dan menutup jendela, memutar musik, membuka sunroof, memasukkan tanggal dan waktu, serta mengakses aplikasi online.

Seperti seri Almaz lainnya, varian Almaz RS EX juga menggunakan mesin turbo 1.500 cc dan transmisi variabel kontinu (CVT).

SUV Wuling dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan lengkap di kelasnya, seperti electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), ABS, EBD, Emergency Stop Signal (ESS), Hill Control (HHC). . ), SRS airbag (depan dan samping), sistem pemantauan tekanan ban (TPMS), ISOFIX, kamera 360, serta sensor parkir depan dan belakang.

Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan, Almaz RS EX menyasar pembeli yang menginginkan smart SUV dengan fitur-fitur canggih sebagai pendamping dalam setiap situasi berkendara.

“Wuling memberikan harga spesial untuk produk-produk yang termasuk dalam SUV Almaz RS EX. Kunjungi jaringan diler Wuling atau website Wuling.id untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Almaz RS EX,” kata Dian tamin dalam keterangan yang diterima virprom.com, Selasa ( 11/10/2022).

Baca juga: Wuling Mulai Rencana Produksi Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Sebagai informasi, harga Almaz RS EX dibanderol Rp 364.100.000 khusus Jakarta. Pilihan warna bodi Almaz RS EX adalah Pristine White, Carnelian Red, Aurora Silver, Starry Black, dan Bitter Silver.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top