NATO Mulai Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

WASHINGTON DC, virprom.com – Pada Rabu (7/10/2024), negara-negara NATO mulai mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh Kiev.

Gedung Putih Amerika Serikat (AS) mengatakan Denmark dan Belanda telah mulai mengirimkan F-16, sementara Belgia dan Norwegia telah berjanji untuk menyediakannya, menurut kantor berita AFP.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada peringatan 75 tahun KTT NATO di Washington, “saat ini, pengiriman F-16 dilakukan dari Denmark dan Belanda.”

Baca Juga: Turki Setuju Swedia Bergabung dengan NATO Jika AS Jual F-16

“Musim panas ini, pesawat akan terbang di langit Ukraina sehingga Ukraina dapat terus mempertahankan diri secara efektif melawan agresi Rusia,” ujarnya.

Ukraina sudah lama menginginkan pesawat Barat yang canggih. Presiden AS Joe Biden memberikan lampu hijau untuk mengirim F-16 AS ke negaranya pada Agustus 2024, meskipun ada kekhawatiran mengenai berapa lama pasukan Kiev harus berlatih untuk menggunakan pesawat tersebut.

Blinken mengatakan pengiriman F-16 harus menjadi sinyal bagi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca Juga: Jet tempur F-16 AS kembali jatuh di Korea Selatan, jet tempur F-16 jatuh di lepas pantai Korea Selatan

“Dia telah fokus pada Vladimir Putin bahwa dia tidak akan bertahan di Ukraina, dia tidak akan bertahan di kita, dan jika dia melakukannya, kerusakan yang akan berlanjut pada Rusia dan hal-hal terkait hanya akan bertambah buruk,” kata Blinken

“Cara tercepat untuk mencapai perdamaian adalah melalui Ukraina yang kuat,” tambah diplomat senior Amerika tersebut.

Baca juga: Denmark menunjukkan komitmen untuk mendukung, mulai melatih pilot Ukraina untuk F-16. Dengarkan berita terbaru kami dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top