Apakah Makanan Manis Menurunkan Imunitas? Ini Penjelasan Ahli…

virprom.com – Konsumsi makanan manis atau tinggi gula secara berlebihan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Lemahnya kekebalan tubuh akibat kebiasaan mengonsumsi makanan manis membuat seseorang mudah terserang penyakit, terutama pada masa peralihan ini.

Dikutip Antara, Kamis (11/7/2024), “Faktor yang dapat menekan sistem imun tubuh antara lain makanan manis,” kata Fitri Hudayani, ahli gizi RS Sipto Mangunkusumo.

Baca Juga: Diet Tinggi Manis Picu Penyakit Jantung, Bagaimana?

Melanjutkan Petri, makanan manis seperti kue atau minuman bersoda dapat menurunkan kemampuan sel dalam melawan bakteri sehingga membuat seseorang lebih rentan mengalami gangguan kesehatan.

Mengutip dari Yanks Department of Health, mengonsumsi makanan manis meningkatkan asam lambung. Jika kondisi ini sering terjadi, seseorang juga akan mengalami iritasi dan sakit tenggorokan.

Makanan manis dapat menimbulkan masalah pada gigi dan mulut karena menghasilkan asam yang dapat menimbulkan plak dan kerusakan gigi.

Selain gula, makanan yang banyak mengandung lemak, terutama lemak jenuh, tinggi natrium atau garam berlebih juga dapat menurunkan daya tahan tubuh pada masa transisi.

Garam dan lemak jenuh mengganggu keseimbangan nutrisi tubuh dan juga dapat menimbulkan rasa haus jika dikonsumsi saat cuaca panas. Selain itu, lemak juga membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Kenapa Makanan Manis Bikin Ketagihan? Begini penjelasannya… Tips tetap sehat di masa transisi

Petrie memberikan beberapa tips untuk menghadapi masa-masa yang tidak menentu, seperti meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat yang terbuat dari sayur atau buah.

“Kesehatan tubuh perlu kita perhatikan, salah satunya menjaga imunitas dengan mengonsumsi makanan yang sehat, terutama sumber vitamin dan mineral dari sayur-sayuran dan buah-buahan,” ujarnya.

Sayur dan buah mengandung mineral yang meningkatkan stamina tubuh.

Selain sayur dan buah, Petri menganjurkan minum air putih minimal dua liter per hari untuk menjaga kekebalan tubuh.

Minum air dingin saat cuaca panas baik karena manfaatnya menghilangkan dahaga dan memulihkan suhu tubuh setelah seharian terkena sengatan panas.

Namun, hindari minuman kemasan atau yang mengandung pemanis. Cobalah minum air mineral dingin atau jus buah tanpa gula.

Baca Juga: 7 Bahaya Terlalu Banyak Makan Makanan Manis Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top