Hindari Kebiasaan Ini agar Mobil RWD Lebih Awet

SUKOHARJO, virprom.com – Mobil dengan sistem penggerak roda belakang atau RWD banyak diminati karena cocok dengan kondisi jalan di Indonesia yang didominasi perbukitan.

Karena roda ditempatkan di bagian belakang kendaraan, maka kompresinya paling baik terjadi saat mobil miring saat menanjak.

 

Kondisi ini menghasilkan traksi roda yang lebih baik dengan sistem RWD dibandingkan penggerak roda depan (FWD).

Muchlis, pemilik bengkel khusus Toyota-Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo, mengatakan mobil dengan sistem RWD sebaiknya awet jika dirawat dengan baik, dengan memperhatikan kapasitas muatan dan perawatan.

Baca juga: Tips Memilih Mobil, Lebih Baik Pakai Sistem FWD atau RWD?

“Mobil dengan beban berlebih dapat merusak komponennya, apalagi pada mobil RWD, seperti diketahui mobil ini ditopang oleh beberapa poros yang cukup panjang seperti poros baling-baling dan poros penggerak,” ujarnya Muchlis kepada virprom.com , Sabtu (25/5/2024).

Muchlis mengatakan, gaya belok pada mobil RWD yang kelebihan beban akan sangat tinggi sehingga poros penggerak akan tertekan dan berisiko patah.

Gambarannya, ketika bebannya berat, porosnya didekatkan ke roda penggerak yang membawa beban. Sedangkan ujung poros yang dekat transmisi akan berputar karena meneruskan gaya putaran mesin, kata dia. Banyak.

Baca juga: Alasan Mobil RWD Difavoritkan di Tanjakan

Sekalipun poros tidak patah seluruhnya, komponen yang menerima gaya puntir yang besar dan berulang-ulang cenderung lebih mudah patah.

“Sistem RWD kebanyakan dipasang di mobil niaga, biasanya kelebihan muatan padahal ini bukan praktik yang baik,” kata Muchlis.

Muchlis menjelaskan, sistem RWD juga perlu perawatan agar komponen lebih awet dan berfungsi dengan baik. 

Baca juga: Belajar dari Kejadian Xenia RWD Tidak Mendaki Bukit SpongeBob

“Pada mobil RWD ada waktu penggantian oli gardan yang sebaiknya dilakukan setiap 40.000 km atau dua tahun sekali, tujuannya agar komponen terlumasi dengan baik dan mencegah keausan,” kata Muchlis. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top