Jokowi Tugaskan BPDPKS “Replanting” serta Revitalisasi Kakao dan Kelapa

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo menginstruksikan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk melakukan peremajaan dan pengembangan industri berbasis kakao dan kelapa.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Eirlanga Hartarto, benih tersebut disediakan oleh perguruan tinggi atau pusat penelitian yang didanai BPDPKS, sehingga kerja BPDPKS tidak hanya fokus pada kelapa sawit, tetapi juga menghidupkan kembali kakao dan kelapa.

“Pertama-tama, perintah Presiden ini harus dilaksanakan dengan memberikan tambahan pekerjaan kepada BPDPKS, serta bertanggung jawab terhadap peremajaan dan pengembangan industri berbasis kakao dan kelapa,” kata Airlanga, Rabu (10/7/) di Gedung Presiden. Kompleks Istana di Jakarta Pusat. 2024).

Baca Juga: Jokowi Bentuk Lembaga Pengelolaan Kakao dan Kelapa yang Digabung dengan BPDPKS

Airlanga mengatakan penanaman kembali diperlukan karena areal kakao di negara ini semakin berkurang.

Situasi ini diperparah dengan menurunnya produksi sehingga kebutuhan kakao sebagian besar dipenuhi melalui impor.

“Saat ini kebutuhan kakao dalam negeri hanya 45 persen dan impor 55 persen. Oleh karena itu, penanaman kembali kakao penting dilakukan untuk menambah luas lahan kakao dan memulihkan produksi yang kemungkinan bisa mencapai 400.000 ton,” kata Airlanga.

Baca juga: Harga Kakao Meroket, Bagaimana dengan Produksi Cokelat?

Ia menambahkan, produksi kakao dalam negeri sebanyak 180.000 ton, sedangkan produksi kelapa sekitar 2,8 juta ton.

Pada saat yang sama, ekspor kakao mencapai 1,3 miliar dolar, dan kelapa mencapai 1,2 miliar dolar. Luas lahan kakao mencapai 1,3 juta hektar, dan luas lahan kelapa mencapai 3,3 juta hektar.

“Pasti akan ada ruang untuk ekspansi lebih lanjut atau membantu masyarakat menghidupkan kembali perkebunan mereka,” katanya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top