Video Viral Bocah Bikin Konten Menyeberang di Jalan Tol

JAKARTA, virprom.com – Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan sejumlah anak-anak bermain di tol Jakarta-Tangerang.

Dalam rekaman yang diunggah akun Instagram @tangerangku.id, terlihat seorang anak berkemeja hijau melintasi jalan tol dengan cara yang tidak biasa. Pemuda itu pun menari di pinggir jalan sambil mendekati sejumlah anak yang tinggal di kawasan tersebut.

Perbuatan seorang anak tentu membahayakan dirinya dan dapat mendatangkan petaka bagi orang lain.

Baca juga: Awas, Ini Ada yang Bisa Merusak Elektronik CVT Nmax Turbo

Direktur Pelatihan Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, anak-anak dalam video ini sangat mengetahui bahayanya bekerja di jalan tol, bahkan ada pula yang mengetahui bahwa hal tersebut melanggar hukum.

Namun lagi-lagi mereka masih mencari identitasnya. “Jika orang tua tidak bisa mengawasi, sebaiknya aparat turun tangan, memberi teguran, dan menghubungi pihak berwajib,” kata Sony saat dihubungi Kompas. com, Kamis (4/7/2024).

Lanjut Sony, saat berada di jalan tol, tidak mudah pengendara menghindari orang yang menyeberang karena melaju dengan kecepatan tinggi. Selain itu, beberapa dari mereka tidak memiliki kemampuan berlari.

Baca Juga: Hujan Mulai Rutin, Ini Jas Hujan yang Aman untuk Pengendara Sepeda Motor

Reaksi pertama pasti shock (karena tidak ada aturan bagi orang yang melintasi jalan tol), lalu melihat ke kaca spion sambil berpikir untuk mengambil keputusan untuk mengerem atau menghindari ke kiri atau ke kanan, kata Sony.

Jika pengemudi memutuskan untuk mengerem, pastikan mobil dalam keadaan tegak, dan periksa arah pengemudi atau pejalan kaki yang berlari ke arah tersebut.

“Peluang untuk menghindari tabrakan kecil, namun upaya terus dilakukan,” kata Sony. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran media favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top