Petinggi Demokrat Minta Biden Sebaiknya Mundur Jadi Capres

WASHINGTON DC, virprom.com – Posisi Joe Biden di kalangan Demokrat di Kongres semakin terpecah.

Anggota komite DPR yang berpengaruh, Adam Smith, telah berulang kali meminta Biden untuk mengakhiri kampanye kepresidenannya setelah debat dramatis bulan lalu.

Adam Smith, petinggi Partai Demokrat di Komite Angkatan Bersenjata DPR, membuat pengumuman beberapa jam setelah presiden dengan tegas menolak seruan untuk mengundurkan diri.

Baca Juga: Sekutu Ukraina Khawatir Jika Biden Kalah dari Trump di Pilpres 2024

Menurut The Guardian, Biden juga mengumumkan keputusannya untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam wawancara telepon tak terjadwal di acara politik MSNBC, Morning Joe.

Di sisi lain, Smith mengatakan sentimen para pemilih bahwa dia terlalu tua untuk menjadi kandidat yang layak dan kemudian menjadi presiden untuk empat tahun ke depan terlihat jelas dari jajak pendapat.

“Kinerja presiden dalam debat tersebut sangat mengejutkan untuk disaksikan, dan masyarakat Amerika telah memperjelas bahwa mereka tidak lagi melihatnya sebagai kandidat yang kredibel untuk empat tahun ke depan sebagai presiden,” kata Smith, seorang anggota kongres dari negara bagian tersebut di Washington . 

“Setelah perdebatan, Presiden tidak menganggap serius masalah ini,” tambahnya.

Ia mengatakan presiden harus segera mengundurkan diri, meski ia menegaskan akan mendukungnya tanpa syarat jika bersikeras tetap menjadi calon presiden.

Namun, pernyataan tersebut terbukti lebih berpengaruh dalam wawancara CNN berikutnya dengan Jake Tapper, salah satu dari dua moderator debat 27 Juni dengan Donald Trump. 

Penampilan dan sikap Biden yang marah dan sering kali bingung dalam debat telah menjerumuskan kampanye terpilihnya kembali ke dalam krisis eksistensial.

Baca juga: Biden dikabarkan bertemu dengan ahli saraf terkemuka Gedung Putih

“Secara pribadi, saya pikir Kamala Harris akan menjadi kandidat yang jauh lebih baik dan kuat,” kata Smith kepada Tapper, seraya menambahkan bahwa Biden bukanlah orang terbaik untuk menyampaikan pesan Partai Demokrat.

Dia secara tidak langsung mengkritik rekan-rekannya di Partai Demokrat dan staf kampanye Biden, dan mendesak partai tersebut untuk melupakan debat tersebut sebagai malam yang buruk.

Baca juga: Biden: Hanya Tuhan Yang Maha Esa yang Bisa Membuat Saya Mundur

“Banyak anggota Partai Demokrat yang berkata, ‘Oke, mari kita lanjutkan, mari kita berhenti membicarakan hal ini,’” kata Smith. “Bukan kita yang bawa. Negara yang bawa. Tenang, ikuti aturan dan abaikan tidak akan berhasil,” imbuhnya. Mendengarkan berita dan pilihan kami langsung di ponsel Pilih saluran berita favorit Berita Kompas .com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top