Google Play Store Akan Ingatkan Pengguna untuk Buka Aplikasi yang Sudah Di-download

virprom.com – Ponsel dengan sistem operasi (OS) Android memiliki toko aplikasi Google Play Store yang memungkinkan pengguna mengunduh berbagai aplikasi untuk produktivitas, hiburan, dan olahraga hanya dengan sekali ketuk.

Proses download aplikasi yang sederhana ini terkadang membuat pengguna lupa mendownload aplikasi tertentu.

Menyadari hal tersebut, Google mulai menguji fitur baru yang mengingatkan pengguna untuk membuka aplikasi pra-instal.

Fitur baru yang disebut “Buka Pengingat Aplikasi” ini ditemukan di penambangan kode aplikasi Google Play Store versi 41.2.21. Cara kerjanya, fitur ini akan memberikan notifikasi jika pengguna tidak membuka aplikasi yang diunduh setelah jangka waktu 24 jam.

Notifikasi untuk aplikasi yang tidak terkunci berbunyi “Aplikasi Anda telah terinstal dan siap dijalankan” (Aplikasi Anda telah terinstal dan siap diluncurkan), sedangkan notifikasi untuk game yang tidak terkunci berbunyi “Game Anda telah terinstal dan siap dimainkan” (Game Anda sudah terinstal dan siap dimainkan) diinstal dan siap untuk dimainkan).

Baca Juga: Cara Cek Penggunaan Data Internet di HP Android Kamu Bisa Cek Aplikasi Mana yang Menghabiskan Data

Contoh notifikasinya dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Pengguna dapat mengatur apakah ponsel akan bergetar saat menerima notifikasi pengingat.

Nantinya Google Play Store akan mengirimkan notifikasi pengingat kedua jika notifikasi pertama diabaikan oleh pengguna.

Baris kode aplikasi ini menunjukkan bahwa jumlah maksimal notifikasi yang dikirimkan adalah dua. Dengan begitu, pengguna tidak akan dibombardir dengan notifikasi, namun tetap mendapatkan insentif untuk menguji aplikasi yang telah mereka unduh.

Fitur ini bisa dikatakan sangat berguna bagi pengguna yang sering mengunduh aplikasi melalui koneksi Wi-Fi, misalnya Wi-Fi kantor. Di saat seperti ini, pengguna biasanya tidak menyadari bahwa proses download telah selesai karena sibuk dengan hal lain.

Fitur pengingat aplikasi terbuka juga dapat mendorong pengguna untuk mencoba aplikasi baru dan membersihkan perangkat mereka. Oleh karena itu, media penyimpanan perangkat gratis untuk banyak aplikasi yang tidak digunakan pengguna.

Seperti disebutkan sebelumnya, fitur ini masih dalam tahap pengujian. Namun sejumlah pengguna sudah menemukan fitur tersebut di sistem operasinya, seperti dikutip KompasTekno dari GizChina, Minggu (9/6/2024).

Artinya, Google meluncurkan fitur baru ini secara bertahap kepada seluruh pengguna. Namun Google belum memastikan kehadiran fitur ini dan tanggal rilis pastinya.

Menurut KompasTekno, sebagian besar perangkat yang kami gunakan juga tidak memiliki fitur baru Google Play Store ini.

Baca Juga: 90 Aplikasi Berbahaya Ditemukan di Google Play Store, Diunduh Jutaan Kali, Bisa Download Dua Aplikasi Sekaligus

Pengguna ponsel Android dapat mengunduh dua aplikasi secara bersamaan dari Google Play Store.

Sebelumnya, hal ini tidak bisa dilakukan karena Google Play Store mengizinkan pengguna mengunduh satu program dalam satu proses pengunduhan.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Senin (29/4/2024) pagi, fitur yang disebut-sebut bernama “Similar Download” ini kini sudah bisa diterapkan di Google Play Store versi 40.6.31.

Bisa dilihat pada gambar di bawah ini, kita bisa mendownload game free Fire dan satu game lainnya yaitu Gang Motor Multiplayer secara bersamaan.

Sejauh yang kami tahu, fitur Simultaneous Download bisa mengunduh maksimal dua aplikasi sekaligus, tidak lebih.

Sebab jika pengguna mengunduh aplikasi pihak ketiga maka proses pengunduhan aplikasi akan tertunda dan berstatus “Pending”. Dengarkan berita terbaik dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk masuk ke saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top