Adab Saat Lewat Jalan Sempit dan Ada Mobil Parkir di Pinggir Jalan

JAKARTA, virprom.com – Mengendarai mobil dan sepeda motor di jalan raya tidak bisa sembarangan. Pengguna jalan harus memahami aturan penentuan prioritas pengguna jalan guna menjaga kelancaran arus lalu lintas.

Direktur Pelatihan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, pengguna jalan pada dasarnya perlu memberikan prioritas kepada pengguna jalan di jalan utama.

Baca Juga: PO Sinar Jaya Buka Blok B – Jalan Kota Harapan Indah

“Ada aturan prioritas di jalan raya, di persimpangan, di bundaran, di jembatan, dan kalau menyeberang di jalan sempit ada mobil yang parkir, itu yang diprioritaskan,” kata Jusri kepada virprom.com, Selasa (9/7/2024). .

Misalnya, Jusri bercerita, ia sedang mengendarai mobil di jalan kecil, lalu diparkir di pinggir jalan. Oleh karena itu, pengemudi harus mengutamakan pengguna jalan yang berlawanan arus.

“Kalau kita memasuki jalan desa kecil ada mobil yang parkir di pinggir jalan di jalur kita, misalnya kita berjarak sekitar 25 meter, sedangkan mobil yang datang di depan berjarak 50 meter, maka yang diutamakan adalah yang datang dari arah tersebut. depan, jelasnya.

Baca juga: Produksi Roda Dua ASEAN Terus Melambat, Indonesia Tetap Dominan

Karena kita yang lewat jalurnya (jalan utama). Jadi semua peraturan lalu lintas dibuat demi keselamatan, padahal di sini aturannya sangat lemah,” ujarnya.

Jusri mengatakan, fakta di lapangan banyak masyarakat yang belum memahami prioritas di jalan utama.

“Banyak sekali prioritas yang tidak dipahami oleh pengguna jalan berdasarkan marka jalan, pejalan kaki misalnya mendapat prioritas utama tetapi tidak berada di jalan, pengendara sepeda juga mendapat prioritas dibandingkan kendaraan bermotor,” kata Jusri. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top