Respons Mahfud, Jokowi Sebut KPU Sukses Selenggarakan Pemilu 2024

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sukses menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu) 2024 dengan baik dan lancar.

Hal itu disampaikan Mahfud menanggapi mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD yang menilai KPU tidak layak menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Oh sukses, pemilu dan pilpres terselenggara dengan baik dan lancar, kata Jokowi dalam siaran pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7/2924).

Jokowi juga menilai sejauh ini tidak ada masalah dengan kerja KPU.

“Tidak masalah,” kata mantan Wali Kota Solo itu.

Baca juga: Mahfud MD: KPU Kini Tak Layak Selenggarakan Pilkada 2024

Diberitakan sebelumnya, Mahfud menyoroti kualitas KPU menyusul terungkapnya tindakan tidak etis Hasim Asyari yang berujung pada pemecatan Ketua KPU.

Melalui akun media sosial pribadinya

“Secara umum KPU sudah tidak layak lagi menyelenggarakan pemilu daerah yang sangat penting bagi masa depan Indonesia,” tulis Mahfud, Senin.

Sebab menurut Mahfud, pasca skandal Hasim, banyak beredar rumor negatif mengenai anggota KPU RI lainnya.

Salah satunya menyebutkan, setiap komisioner KPU mendapat 3 unit mobil mewah dinas. Ada juga laporan mengenai tindakan ekstrem seperti penyewaan pesawat jet untuk keperluan resmi.

Baca Juga: Mahfud Minta Seluruh Anggota KPU Mundur, Plt Presiden: Ungkapan Kasih Sayang…

Informasi dari sumber obrolan podcast Abraham Samad Speak Up, masing-masing komisioner KPU kini menggunakan 3 mobil mewah dinas, tulis Mahfud.

“Ada biaya selangit untuk jet (untuk alasan resmi), serta kelonggaran lainnya jika Anda pergi ke daerah yang (maaf) tidak etis. DPR dan pemerintah harus bertindak, tidak tinggal diam, tulisnya.

Mahfud menilai, pemerintah dan DPR harus menindak para komisioner tersebut dan mencegah hal tersebut terjadi.

Menurut Mahfud, pergantian atau penggantian seluruh anggota KPU RI harus dipertimbangkan seiring dengan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

Plt Ketua KPU Mohammad Afifuddin menilai pernyataan Mahfud merupakan bentuk kecintaannya terhadap proses demokrasi di Indonesia.

“Tentu kami ucapkan terima kasih atas segala kritik dan masukan dari penyelenggara (pemilu). Tapi intinya kami memahaminya sebagai wujud kasih sayang terhadap seluruh proses demokratisasi, semua proses yang melibatkan penyelenggara,” kata Afif di Hotel Gran Melia, Jakarta. , Senin. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top