Pembagian Area Crumple Zone pada Mobil

DEPOK, virprom.com – Crumple zone atau zona mitigasi benturan dimaksudkan agar kabin tidak terlalu ambruk jika terjadi kecelakaan mobil. Hal ini mengurangi risiko cedera pada penumpang.

Fitur keselamatan pasif ini merupakan desain sasis mobil modern yang mengubah area tertentu menjadi airbag jika terjadi tabrakan. Dapat dikatakan terdapat kecenderungan kehancuran di wilayah tersebut.

Aris Wijanarko, Kepala Bengkel Nissan Datsun Sukamaju Indomobile Depok, mengatakan banyak model sasis mobil modern yang berbasis monotipe.

Baca juga: Sejarah Zona Runtuh, Paten Mercedes-Benz Dibuka untuk Umum,

“Setiap struktur monocoque pasti ada crumple zone, artinya bagian belakang dan depan akan melindungi kabin jika terjadi benturan akibat kecelakaan,” kata Aris kepada Compass Network, Jumat (5/7/2024).

Aris mengatakan, zona tabrakan ke depan dimulai dari bumper belakang hingga dashboard atau area kompartemen mesin.

“Desain zona lengkung ini unik karena dihasilkan secara tidak merata, permukaannya lebih lembut sehingga menyusut dan menyerap gaya benturan,” kata Aris.

Baca Juga: Dapatkan Postingan Crumple Zone yang Mudah Menghancurkan Mobil Masa Kini

Lebih lanjut, Aris mengatakan, saat memasuki area kabin, material atau kekuatan pelat baja menjadi lebih keras karena berfungsi untuk mencegah penumpang tertimpa jika terjadi kecelakaan.

“Dari bagasi hingga kompartemen belakang terdapat crumple zone lagi yang dapat meredam benturan di bagian belakang sehingga penumpang tidak terbentur keras di dalam kabin,” kata Aris.

Aris mengatakan, dengan mengenakan sabuk pengaman dan memasang airbag, kami berharap angka kematian penumpang karena kecelakaan dapat ditekan.

Oleh karena itu, sasis mobil terbagi menjadi tiga area: depan, area tabrakan belakang, dan ruang kabin, dengan karakteristik pelat baja yang kuat. Dengarkan berita langsung dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda virprom.com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top