Cara Mengemudikan Mobil Transmisi Manual agar Hemat BBM

KLATEN, virprom.com – Kendaraan yang sepenuhnya manual memungkinkan pengemudi memilih gigi akselerator sehingga meningkatkan presisi berkendara.

Pengemudi juga dapat menerapkan cara berkendara hemat bahan bakar dengan menggunakan gigi yang benar.

Hardi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan pengemudi untuk menghemat konsumsi bahan bakar saat mengendarai kendaraan manual.

Baca selengkapnya: Mengapa mobil manual Anda berbau seperti terbakar saat melewati tanjakan?

“Semua bahan bakar yang dibakar harus bisa diubah menjadi jarak, salah satunya perpindahan gigi di putaran rendah, maksimal 2.500 rpm, lalu pindah ke gigi lebih tinggi,” kata Hardi baru-baru ini kepada virprom.com.

Hardi mengatakan, perpindahan gigi akselerator pada putaran mesin yang tidak terlalu tinggi dapat menghasilkan tenaga putaran yang lebih cepat. Oleh karena itu, setiap sedikit bahan bakar yang dikonsumsi menghasilkan putaran maksimum.

“Jika memungkinkan, gunakan mode eco Driving. Cara ini sangat efektif mengurangi konsumsi bahan bakar mobil Anda,” kata Hardi.

Baca Juga: Membeli Mobil Bekas Wajib Uji Coba di Jalan Kota.

Hardi juga mengatakan sebaiknya atur suhu AC Anda menjadi sedang. Dengan begitu, pekerjaan AC tidak terlalu berat sehingga meringankan beban mesin sehingga pada akhirnya menghemat bahan bakar.

Hardy mengatakan, “Menjaga jarak dengan mobil di depan akan membantu Anda terbiasa menekan pedal akselerator lebih sedikit, dan memaksimalkan daya dorong kendaraan tanpa harus menginjak pedal rem.”

Selain itu, Hardy menjelaskan performa mesin harus dijaga sebaik-baiknya melalui pemeriksaan rutin, kondisi ban, dan cairan pendingin mesin. Dengarkan berita terkini dan berita yang dipilih dengan cermat langsung di perangkat seluler Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top