Survei Litbang “Kompas”: Kepuasan Terkait Kondisi Ekonomi Pemerintahan Jokowi Meningkat

JAKARTA, virprom.com – Survei penelitian dan pengembangan Kompas terbaru menunjukkan kepuasan responden terhadap kinerja perekonomian pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin mengalami peningkatan.

Manajer Litbang Kompas Totok Suryantyas menjelaskan, peningkatan kepuasan bahkan mencapai titik tertinggi pada periode kedua Jokowi.

Padahal, kepuasan masyarakat terhadap kondisi perekonomian paling tinggi pada masa pemerintahan Jokowi-Amin, mencapai 65,1 persen atau 4,3 persen, kata Totok seperti dikutip Kompas.id, Kamis (20/6/2024). ). ).

Baca juga: Keluhan Penghuni Perumahan Subsidi Jokowi: Dinding Keropos, Atap Bocor, Pintu Retak

Totok mengatakan apresiasi yang disampaikan responden karena kemampuan pemerintahan Jokowi dalam melindungi hampir seluruh aspek penting kebutuhan masyarakat.

Totok mengatakan peningkatan kepuasan di bidang perekonomian disebabkan oleh kebijakan yang berdampak langsung kepada masyarakat.

Kenaikan harga yang signifikan pada beberapa indikator politik dan ekonomi ini rupanya menjadi landasan kuat popularitas pemerintahan Jokowi karena berdampak langsung pada masyarakat, ujarnya.

Tiga bidang lain yaitu sponsorship politik, sosial dan hukum juga dicatat dalam penelitian ini.

Dari ketiga bidang tersebut, hanya bidang hukum yang kepuasannya rendah yakni 57,4 persen.

Sisanya adalah politik, keamanan 85,5 persen, dan kesejahteraan sosial 82 persen.

Baca juga: Momen Jokowi Jongkok Periksa Air yang Dipompa di Karanganyar

Secara keseluruhan, kepuasan terhadap pemerintahan Jokowi-Amin mencapai puncaknya pada angka 75,6 persen, sementara ketidakpuasan mencapai titik terendah pada angka 24,4 persen.

Survei kepemimpinan berskala nasional ini melibatkan 28 peneliti Litbang Kompas dan 274 staf lapangan dan dilaksanakan antara tanggal 27 Mei-2 Mei. Juni 2024.

Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak dari 38 negara bagian menggunakan metode sampling sistematik bertingkat.

Metode ini memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin of error sebesar +- 2,83 persen dalam kondisi random sampling.

Cakupan wilayahnya mencapai 38 provinsi dan penelitian didanai sepenuhnya oleh PT Kompas Media Nusantara. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top