Ini Sederet Inovasi yang Ada di Jalan Tol

JAKARTA, virprom.com – Pengelola jalan banyak melakukan inovasi untuk menyenangkan pengguna jalan. 

Salah satu inovasi yang diterapkan adalah inovasi operasional. Inovasi ini diterapkan untuk menjaga keselamatan pengguna jalan tol dan menjaga kenyamanan lingkungan sekitar jalan tol. 

Mungkin pengguna pernah melihatnya namun belum mengetahui nama atau fungsi dari fitur ini. 

Dikutip dari laman Instagram BPJT PUPR, berikut beberapa inovasi operasional yang bisa ditemui di jalan tol. 

Baca selengkapnya: Jasa Marga Beli 10 Persen Saham SQIL di Jalan Tol CBK

1. Tali

Tali kawat merupakan pembatas jalan atau pagar pengaman pada suatu jalan yang terbuat dari baja. Hebatnya lagi, fitur ini mampu menahan beban kendaraan yang beratnya mencapai 80 ton. 

Fitur keselamatan ini bisa Anda temukan di beberapa jalan tol. Salah satunya di jalan Srikot-Palimanan (Sipali). 

 

2. Titik Gemuruh

Fitur ini berfungsi sebagai peringatan dini kepada pengguna jalan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas akibat kelelahan atau kantuk. 

Pemasangan rumble point disusun sesuai ukuran dan jarak serta terletak pada bahu jalan panggilan. Salah satu tol yang sudah terpasang fitur tersebut adalah Tol Cipali yang dikelola Astra.

Baca selengkapnya: Indonesia saat ini memiliki 2.893,02 kilometer jalan tol

3. Penghalang suara

Sound Barrier merupakan penghalang suara dengan ketinggian 7 meter. Fungsi fitur ini adalah untuk mengurangi kebisingan di tempat umum akibat suara kendaraan yang melewati jalan tol. 

Salah satu hambatan kesehatan dapat Anda temukan di jalan akses telepon Tanjung Priok. Jalan tersebut terletak di dekat RSUD Koja. 

Pemasangan fitur ini bertujuan agar masyarakat yang berada di rumah sakit tidak terganggu dengan kebisingan jalan tol.  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top