Modifikasi Toyota HiAce, Pakai Mesin V12 Tenaga Tembus 600 Hp

Jakarta, virprom.com – Toyota HiAce merupakan salah satu kendaraan niaga yang digemari banyak pebisnis, baik di industri pariwisata, travel, kesehatan, dan lainnya.

Meski difungsikan sebagai kendaraan niaga ringan, namun tak menyurutkan niat para modifikator untuk mengubah tampilan HiAce menjadi lebih agresif dan bertenaga buas.

Melansir Autoevolution, Sabtu (16/3/2024), salah satu perusahaan taksi dan rental mobil Quantum yang juga dikenal dengan nama HiAce telah membuat kendaraan niaga ringan Toyota ini dengan modifikasi yang menarik.

Baca juga: Saat Pulang Rumah, Jangan Biarkan Selang Wiper Kosong

Seorang pria bernama James Redlinghuis yang merupakan pemilik perusahaan ini mulai mengerjakan proyek ini pada awal tahun 2017 bersama adiknya.

Awalnya, modifikasi HiAce diharapkan selesai dalam beberapa bulan. Namun karena keterbatasan komponen modifikasi, proses penyelesaiannya memakan waktu lebih lama.

Saudara-saudara menyadari bahwa HiAce bertema Lambo membutuhkan tenaga lebih besar daripada mesin empat silinder turbocharged.

James membeli 1GZ-FE, mesin V12 pertama (dan satu-satunya) yang diproduksi secara massal milik Toyota.

Mesin dua belas silinder dilengkapi dua turbo gulir ganda Billet T3T4, asupan khusus dengan dua belas terompet individu, injektor Bosch 350cc dari Porsche 997 3.8 Carrera, ECU Maxx performa tinggi, dan sepasang saluran masuk udara besar. Pendingin

Menurut James, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 600 tenaga kuda dan torsi 710 Nm.

Mesinnya dikawinkan dengan TCI Streetfighter otomatis tiga kecepatan, dan semua torsi dikirim ke roda belakang melalui limited-slip differential (LSD) yang dipinjam dari Mustang GT.

Mobil ini menggunakan pegas daun di keempat sudutnya yang didukung oleh seperangkat coilover yang dapat disesuaikan.

Secara eksternal, tampilan fasia mobil ini berubah total. James menggunakan body kit agresif dengan banyak lekukan layaknya Lamborghini. Sekujur bodinya dibalut warna merah dan dipadukan dengan pinggiran berwarna emas membuat tampilannya semakin mengesankan.

Sedangkan untuk interiornya, kabin mobil ini dibalut bahan kulit berkualitas tinggi berpadu Alcantara. Dasbor standar diganti dengan Dashtech Racepro, unit yang digunakan Ariel Atom, dilengkapi dengan setir balap OMP.

Baca juga: Strategi Fuso Hadapi Masuknya Truk China

Setidaknya butuh empat setengah tahun untuk mengerjakan HiAce liar ini. Soal harga jual, Redelinghuys menilai mobil tersebut seharga $85.362 atau sekitar Rp 1,3 miliar. Dengarkan berita terbaru dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top