Penyebab Hiperpigmentasi Kulit yang Paling Sering Terjadi 

 

Jakarta, virprom.com – Selain masalah jerawat, hiperpigmentasi juga menjadi salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Tidak hanya di usia muda, namun juga di usia tua.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. 

Namun menurut dokter kulit Dr. Listya Paramita Sp.DVE, FINSDV Paparan sinar matahari merupakan penyebab hiperpigmentasi yang paling umum.

“Paparan sinar matahari adalah penyebab paling umum. “Karena paparan sinar UV bisa terjadi pada pria dan wanita,” kata dr. Chilax Sudirman, Selasa (9/7/2024).

Baca juga: Melindungi kulit dari sinar matahari tidak hanya dilakukan pada siang hari

Paparan sinar matahari secara langsung memancarkan sinar ultraviolet yang dapat merusak kesehatan kulit. Dapat merangsang produksi pigmen kulit lebih banyak. 

Jika kulit tetap bermasalah, efek jangka pendeknya mungkin berupa munculnya bintik-bintik merah atau warna yang lebih gelap dari warna asli kulit Anda.

Kondisi ini dikenal sebagai melasma dan merupakan salah satu jenis masalah hiperpigmentasi. 

Melasma dapat terjadi pada kulit wajah dan tubuh serta dapat terjadi pada pria maupun wanita. 

“Laki-laki yang bekerja bisa lho. Jangan kira hanya perempuan. Jadi yang paling besar pengaruhnya adalah paparan sinar matahari,” ujarnya. 

Dokter Listia mengingatkan betapa pentingnya melindungi kulit wajah dan tubuh sejak kecil dengan menggunakan tabir surya.

Meski kulit Anda sudah menunjukkan tanda-tanda hiperpigmentasi, sebaiknya gunakan tabir surya lebih teratur dan aplikasikan kembali setiap dua jam.

Menurut Dr. Seperti yang telah disebutkan, kondisi kulit yang mengalami hiperpigmentasi tidak boleh dibiarkan begitu saja, namun tetap harus dirawat dan diberikan perawatan kulit tambahan. 

“Jika kulit tidak dirawat dan dilindungi dengan baik, hiperpigmentasi bisa menjadi lebih sering dan lebih buruk,” kata Dr. Daftar. 

Baca Juga: Pigmentasi dan Penuaan Dini, Berita Terkini dan Begini Cara Mendengarkan Pilihan Kami Langsung ke Ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top