Jokowi Perintahkan Pertamina Akuisisi Perusahaan Asal Brasil untuk Produksi Bioetanol

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo memerintahkan Pertamina mengakuisisi perusahaan Brazil yang memproduksi gula dan etanol.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Manco Marves) Luhut Binsar Pandzaitan, tujuan perintah tersebut adalah untuk menjamin pasokan bahan baku bioetanol dari pemerintah.

Menurut Luhut, pemerintah berencana memanfaatkan bioetanol sebagai alternatif pengganti bensin untuk bahan bakar kendaraan bermotor di masa depan.

Hal ini juga terkait dengan keinginan pemerintah untuk mengurangi tingkat polusi udara di Jakarta.

Berbicara di acara HUT Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ke-52, Luhut mengatakan, “Presiden juga memutuskan mengakuisisi perusahaan tersebut setelah Pertamina yang saat ini sedang diuji. Menerima, memasok gula dan etanol.” ) yang dilaksanakan pada Senin (10/6/2024) di kawasan Senayan Jakarta

Baca juga: Luhut Soal Keinginan Pravo Jadi Konsultan

“Jadi secara bertahap kami akan mengganti bensin dengan bioetanol karena cuaca buruk dan polusi udara di Jakarta ini,” ujarnya.

Rencana peralihan dari bensin ke bioetanol adalah untuk menurunkan kadar sulfur dalam dua hingga tiga tahun ke depan, kata Luhut.

Selain itu, pemerintah ingin memiliki sumber energi alternatif di Indonesia selain bensin.

“Untuk sulfur kita di bawah 500, mungkin 50 atau 60. Nah, 3 tahun, 2 tahun ke depan, kita bisa mencapai itu,” kata Luhut.

Nantinya Pertamina akan mencarikan sumber energi di Brazil yang akan meningkatkan ketahanan energi kita, ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Tak Khawatir Usai Ketua Otorita Ikonik Mundur, Luhut Ungkap Kekecewaannya

Dalam kesempatan tersebut, Luhut juga menyampaikan arahan Presiden Jokowi kepada Badan Urusan Logistik (Bulg) agar menambah sumber daya beras di Kamboja.

Menurut Luhut, Presiden memerintahkannya mengusut akuisisi tersebut.

Setelah itu, pemerintah Indonesia mengambil langkah teknis untuk melanjutkan akuisisi tersebut. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top