Lewat Program Zakat Produktif Dompet Dhuafa, Kandang Maggotin Lampung Panen Ratusan Kg Lele

virprom.com – Dompet Dhuafa Lampung memulai program lingkungan Maggotin untuk kolam ikan lele.

Program Maggotin mengintegrasikan pemanfaatan limbah untuk pakan cacing, kemudian cacing tersebut dimanfaatkan untuk pakan ikan lele dan unggas. 

Pembibitan dengan konsep terpadu membuahkan hasil karena panen ikan lele pada Jumat (17 Mei 2024) mencapai ratusan kilogram (kg). 

Kepala Dompet Dhuafa Cabang Lampung Yogi Achmad Fajar mengatakan, program tersebut merupakan komitmen Dompet Dhuafa dalam mengentaskan berbagai permasalahan sosial. 

“Program ini merupakan bukti nyata pengelolaan zakat yang produktif oleh para donatur. Kami berharap terus memberikan manfaat lebih banyak lagi,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (28 Mei 2024). 

Baca juga: Dompet Dhuafa Luncurkan Program Distribusi Hewan Kurban di Kurbanaval ke Hypermart untuk Atasi Kekurangan Protein Hewani di Daerah Terpencil

Yogi juga mengucapkan terima kasih atas kemurahan hati para donatur untuk memastikan program Maggotin memberikan dampak lingkungan dan nilai ekonomi bagi penerima manfaat, termasuk program budidaya ikan lele yang merupakan salah satu cabangnya.

Atas keberhasilan panen tersebut, empat warga Lampung Selatan yakni Paiman, Rebo, Febri dan Budi mengungkapkan kegembiraannya yang luar biasa.

Pasalnya, kolam ikan lele yang dikumpulkan dalam keramba Maggotin mampu menekan biaya produksi.

Paiman mengatakan, total yang terkumpul berkisar antara tiga hingga empat bulan. Ikan lele ini diberi pakan campuran cacing dan puree ikan sehingga mengurangi biaya operasional pemberian pakan ikan lele. 

Penen a l’estany merupakan tahap ketiga, setelah itu akan dilakukan dua kali dalam waktu dekat. 

Baca juga: Jadi Perantara Kebaikan, Dompet Dhuafa Siap Terima Hibah dari NAMA Foundation for Dhuafa

Paiman menceritakan, dirinya bersama tiga temannya berhasil menarik lebih dari 50 kg ikan lele dari kolam. 

“Kami mengumpulkan beberapa kali kemarin. Hari ini sekitar 50 kg. Totalnya sekitar 150 kg dari awal,” ujarnya. 

Dana zakat, infak, sedekah, dan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) PT Bukit Asam memberikan dampak positif bagi para penerima manfaat. 

Paiman yang merupakan salah satu penerima manfaat sangat berterima kasih atas bantuan tersebut. 

“Saya senang sekali bisa panen lagi hari ini. Terima kasih kepada Dompet Dhuafa, Bukit Asam dan donatur lainnya. Kedepannya mohon tetap semangat agar bisa mengumpulkan lebih banyak dari hari ini,” ujarnya.

Baca juga: Melalui Pesantren Gemilang, Dompet Dhuafa ajak para donatur senior untuk menjalin silaturahmi dan saling memotivasi. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top