Prabowo: RI dan Yordania Siap Kerja Sama Bidang Pertahanan

JAKARTA, virprom.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengaku beberapa kali melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara dalam kunjungannya ke Yordania dan Arab Saudi baru-baru ini.

Salah satu pertemuan bilateral adalah dengan Raja Abdullah II dari Yordania.

Menurut Prabowo, ia membahas kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Yordania dengan teman lamanya.

“Di Yordania, saya melakukan pertemuan bilateral dengan Raja Yordania (membahas) pengembangan kerja sama bilateral kita di banyak bidang, termasuk pertukaran tenaga ahli, dan kami siap bekerja sama juga di bidang pertahanan,” kata Prabowo. Di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Baca juga: Prabowo: Langkah Indonesia Lebih Tegas Bantu Gaza

Selain itu, selama berada di Yordania, Prabowo sempat bertemu dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Antony Blinken.

Bersama Menlu Blinken, Prabowo membahas bantuan apa saja yang bisa diberikan Indonesia untuk mendukung gencatan senjata antara Hamas dan Israel.

Prabowo kemudian memberikan posisi Indonesia untuk mendukung segera diakhirinya gencatan senjata.

“Kami juga akan membahas apa yang bisa dilakukan Indonesia untuk mendukung gencatan senjata. Kami menyerukan kedua belah pihak, termasuk Hamas, untuk menggunakan kesempatan ini,” kata Prabowo.

Hentikan pertempuran, selamatkan nyawa orang-orang yang tidak bersalah, tidak bersenjata, bukan tentara, warga sipil, ibu-ibu dan anak-anak agar segera terselamatkan,” ujarnya.

Baca juga:

Kunjungan Prabowo ke Yordania dalam rangka berpartisipasi dalam seruan “Call to Action. Emergency Humanitarian Response to Gaza” atau “Call to Action. “Urgent Humanitarian Response to Gaza” pada pertemuan tingkat tinggi (konferensi) yang digelar pada Selasa (11/6/2019). 2024).

Usai mengunjungi Yordania, Prabowo mengunjungi Arab Saudi.

Kunjungan ini dilakukan atas perintah Presiden Joko Widodo.

Di sana, Prabowo bertemu dengan Menteri Pertahanan Arab Saudi, Khalid bin Salman, dan Perdana Menteri Arab Saudi, Mohammad bin Salman.

Melalui kedua tokoh tersebut, Prabowo bertukar beberapa pandangan mengenai hubungan Indonesia dan Arab Saudi.

Salah satunya adalah kesepakatan pengembangan kerja sama yang dibangun kedua negara.

“Di sana kami bertukar pikiran dan informasi serta sepakat untuk melanjutkan kerja sama yang erat dengan pemerintah Arab Saudi. Beliau (Menteri Pertahanan dan Perdana Menteri Arab Saudi) menyampaikan salam kepada Presiden Jokowi,” kata Kimya.

“Dan disebutkan menginginkan kerja sama yang erat dengan Indonesia dan (Indonesia) berharap dapat melanjutkan kerja sama dengan Arab Saudi di berbagai bidang juga,” kata Prabowo. Dengarkan berita dan informasi pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top