Jepang Catat Rekor Baru Kecepatan Internet, Tembus 402 Tbps

virprom.com – Beberapa insinyur di Institut Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (NICT) Jepang telah mencetak rekor dunia baru untuk kecepatan Internet, mencapai 402 tbps.

Sebelumnya, rekor kecepatan internet dunia adalah 321 Tbps pada Oktober 2023 dan 226 Tbps pada Maret 2022. 

Secara teori, dengan kecepatan internet 402 Tbps, pengguna bisa mengunduh file berukuran 50 terabyte (TB) per detik atau 50 TB/s.

Artinya, pengguna dapat mengunduh game PC berukuran besar, yang juga dikenal sebagai “AAA”, biasanya berukuran hingga ratusan GB, hanya dalam sepersekian detik. 

Baca Juga: China Catat Kecepatan Internet 1,2 tbps, diklaim tercepat di dunia

Misalnya saja untuk mendownload game petualangan populer dari Rockstar Games seperti Red Dead Redemption 2 yang berukuran sekitar 120 GB, pengguna bisa menyelesaikannya dalam waktu sekitar 2,4 milidetik (0,0024 detik). 

Dalam memecahkan rekor dunia ini, para insinyur dan ilmuwan NICT menggunakan kabel serat optik sepanjang 50 km yang mentransfer data dari titik A (pemancar sinyal) dan titik B (perangkat atau klien penerima sinyal). 

Untuk kecepatan download yang tinggi, sinyal yang diterima harus kuat tentunya. Dalam hal ini NICT menggunakan beberapa pita frekuensi sebesar 37,6 THz, penguat sinyal dan berbagai teknologi tambahan lainnya.

Dengan demikian, kecepatan internet bisa mencapai 402 Tbps, lebih cepat 25 persen dibandingkan rekor sebelumnya sebesar 321 Tbps.

Para ilmuwan NICT yakin, belum ada kepastian kapan masyarakat akan dapat menikmati kecepatan pengunduhan sebesar 50 TB/s.

Baca Juga: AS Menaikkan Kecepatan Download Internet Minimum menjadi 100 Mbps secara Default

Namun yang jelas, perangkat keras atau komponen PC yang saat ini tersedia untuk pengguna di seluruh dunia masih belum mampu menangani kecepatan Internet setinggi itu. 

Dua komponen utama yang biasanya melibatkan transfer data dari Internet ke PC adalah komponen motherboard dan media penyimpanan, seperti dirangkum KompasTekno dari DigitalTrends, Kamis (4/7/2024). 

Saat ini, motherboard paling mumpuni hanya akan mampu menangani kecepatan transfer data sebesar 10 Gbps, sedangkan dukungan kecepatan transfer data pada penyimpanan PCIe 5.0 NVMe SSD hanya mentok sekitar 12 Gbps.

Meski belum ada perangkat keras yang mampu menangani kecepatan 402 Tbps, namun pengujian NICT ini membuktikan bahwa kecepatan Internet dapat ditingkatkan dan dikembangkan seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi. 

Laporan lengkap NICT mengenai catatan kecepatan internet dapat Anda baca melalui link di bawah ini. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top