Teknik Peregangan Badan Saat Lelah Bawa Mobil Jauh

JAKARTA, virprom.com – Kembalinya LeBron 2024 telah usai beberapa waktu lalu, namun banyak hikmah yang dipetik dari kegiatan tersebut, salah satunya adalah pola kenyamanan yang baik saat berkendara jauh dari perkotaan.

Sebenarnya, ada berbagai cara mengenai waktu ideal bagi pengemudi untuk beristirahat selama perjalanan. Pengemudi hanya perlu beradaptasi dengan kondisi fisik dan kondisi dunia nyata yang muncul.

Baca Juga: Video Lucu Masalah Pintu Mobil Gemetar Saat Ditutup

Kabid Pencegahan dan Penindakan Korps Lalu Lintas Polda Kalsel, Kompol Ronald Andre Mauboy, berpesan, jika berkendara jarak jauh, pengendara sebaiknya berhenti setiap tiga jam untuk menepikan badan.

“Maksimal tiga jam, lalu berhenti melakukan peregangan. Minimal bisa jongkok. Atau bisa juga berhenti setiap 120 km, lalu harus bergerak agar badan istirahat,” kata Ronald di sela-sela acara Temu Teman Daihatsu Bekasi. Minggu (28/4/2024).

Sekadar informasi, squat merupakan latihan fisik yang melibatkan menekuk kaki dengan posisi mirip jongkok atau duduk di kursi.

Baca Juga: Pernikahan Dini dan Perselingkuhan di Novel Damar Kambang

Jika tidak bisa jongkok, Anda bisa melakukan gerakan lainnya. Ronald mengatakan yang penting lakukan peregangan agar badan terasa segar kembali.

Seringkali pengemudi yang kelelahan beristirahat tanpa melakukan peregangan, atau lebih parahnya memaksakan diri mengemudi meski fisiknya tidak kuat.

Baca Juga: Hasil Ranking MotoGP, Bagnaia Mulai Dipegang Martin

“Karena tubuh kita tidak bisa mengimbangi pikiran. Itu yang terjadi jika kita kehilangan fokus,” jelas Ronald.

Akhirnya, menurut Ronald, seringkali tubuh tidak mampu lagi menahan beban. Salah satunya kemudian micro-sleep yang sangat berbahaya. Pengemudi tertidur selama sepersekian detik dan terjadi kecelakaan.

Jadi faktor fisik sangat dominan saat terjadi kecelakaan. Kami kelelahan dan kurang siap. Berhentilah minimal 1 hingga 2 menit agar oksigen bisa sampai ke kepala, kata Roland. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top