Jangan Cuma Nasi dan Mi, Ahli Gizi Sarankan Ini untuk Bekal Anak Sekolah

JAKARTA, virprom.com – Sarapan dan makan siang kaya karbohidrat, seperti kombinasi mie instan dan nasi, justru berbahaya bagi tumbuh kembang anak, apalagi jika diberikan berlebihan tanpa nutrisi lain.

Ahli gizi komunitas Dr.dr. Tan Shot Yen, M.hum menjelaskan, pemberian karbohidrat saja sebaiknya dihindari karena anak bukanlah versi mini dari orang dewasa.

“Dia masih memiliki peluang untuk berkembang.” Anak-anak tidak bisa (tidak bisa) hanya mengonsumsi karbohidrat untuk tumbuh. “Harus cukup protein, sayur dan buah, serta lemak sehat yang cukup,” tegas Tan kepada virprom.com, Selasa (9/7/2024).

Baca Juga: Buzz Makanan Bayi Khusus Karbohidrat di Media Sosial, Jangan Terlibat! 10 Kebiasaan Anak Cerdas yang Bisa Ditiru

Untuk menjaga kesehatan dan menjamin tumbuh kembang anak, Tan menghimbau para orang tua untuk memastikan mendapatkan protein dari makanan sehat dan menyehatkan seperti telur, ayam, dan ikan.

Namun hal ini bisa terjadi jika orang tua juga memiliki kebiasaan sarapan dan membawa suplemen yang mengandung makanan sehat. Sebab anak meniru tingkah laku dan kebiasaan orang tuanya.

Bayangkan, misalnya anak bangun tidur, bapak sudah berangkat kerja, tidak makan di rumah (tapi) makan di warung. Ibunya tidak makan karena sedang diet. Apa yang Anda ingin anak itu lakukan?’

Hal senada juga diungkapkan pakar gizi klinis RSUP Dr Pelni Jakarta. Jovita Amelia, Sp. Ia menekankan betapa pentingnya komposisi nutrisi lengkap bagi tumbuh kembang anak.

Jika Anda membawa bekal, misalnya, isi bekal makan bayi tidak boleh hanya terdiri dari karbohidrat saja.

“Untuk bekal makan siang anak, sebaiknya makanan dengan komposisi lengkap. Jadi ada karbohidrat, protein, lemak sehat, dan juga serat dari sayur-sayuran, kata Jovita, Selasa.

Baca juga: Apa Ciri-Ciri Anak Cerdas? Simak 10 hal ini, 5 cara mempersiapkan anak untuk kembali ke sekolah

Jika anak hanya diberikan makanan yang kaya karbohidrat, terutama mie instan yang kaya karbohidrat dan garam, maka energinya hanya akan bertambah.

Sementara itu, sumber gizi lain seperti zat gizi makro berupa protein dan lemak sehat, serta zat gizi mikro berupa vitamin dan mineral tidak tersedia. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top