Airlangga Sebut Kemenko Perekonomian Pindah ke IKN jika Kantornya Sudah Siap

JAKARTA, virprom.com – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Irlangga Hartarta mengumumkan kesiapannya pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) kepulauan Kalimantan Timur.

Menurut dia, Kementerian Koordinator Perekonomian (Kemenko) akan pindah ke nusantara jika lokasi kantor sudah siap.

Ya, sesuai kesiapan kantor lapangan, kata Airlangga di Masjid Ainul Hikma, Jakarta Barat, seperti dikutip Antaranews, Senin (17/6/2024).

Meski demikian, Airlangga memastikan pihaknya telah melatih aparatur sipil negara (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan direlokasi. Namun, dia enggan menyebutkan jumlahnya.

Kami sudah menyiapkan PNS yang akan dimutasi,” ujarnya.

Baca juga: Lapangan Upacara IKN mampu menampung 6.300 orang

FYI, kantor Kemenko Perekonomian akan menjadi salah satu kantor Kementerian yang disiapkan di nusantara.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susivikhona Moegiarsa mengatakan ada empat Menteri Koordinator (Menko) yang akan mempelopori transisi ke IKN.

Ia juga menginformasikan, pergerakan keempat menteri tersebut juga didampingi oleh sekretaris empat kementerian koordinator.

Sebenarnya Kementerian Koordinator merupakan lembaga pertama yang beralih ke IKN sebagai kantor Presiden dan keempat Menteri Koordinator, kata Susiviono saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian di Jakarta, 30 Mei 2024.

Baca juga: Proyek IKN Bikin Warga Palu Terkena Debu dan Tetesan Hasil Tangkapan Ikan, Begini Ceritanya…

Empat kementerian koordinator yang dimaksud antara lain Kementerian Perekonomian, Kementerian Kelautan dan Investasi, Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), serta Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan.

Selain itu, menurut Susivion, para pegawai Istana juga akan pindah terlebih dahulu ke IKN Nusantara.

“Aparat presiden bisa berupa Sekretariat Negara (Setneg), Sekretariat Kabinet Menteri (Setkab), Kantor Urusan Presiden (KSP) dan sebagainya, aparatur Istana. Dan empat Menteri Koordinator terlebih dahulu, sehingga gedung ini dibangun oleh empat Menteri Koordinator pertama dengan harapan keempat Menteri Koordinator tersebut memiliki perwakilan di masing-masing “K/L (Kementerian/Lembaga) teknis. Misalnya Kementerian Keuangan berada di bawah kita,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi Tunjuk Bambang Susanton Sebagai Utusan Khusus IKN untuk Kerjasama Pembangunan Internasional

Link berita Antaranews, https://www.antaranews.com/berita/4156248/airlangga-kemenko-per Ekonomian- Moving-ke-ikn-kalau-location-lalu-prepared Simak berita terkini dan berita pilihan kami kan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top