Unggul secara Logistik dan Produksi, Kementerian KP Dorong Maluku Jadi Pusat Distribusi Daerah Perikanan

virprom.com – Kepala Badan Perluasan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP) I Nyoman Radiarta mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan beserta jajarannya mitra jantung maluku. Wilayah tersebut menjadi wilayah pusat distribusi perikanan.

Salah satu alasannya, kata dia, adalah letak Maluku yang strategis dan menawarkan keunggulan logistik.

Ia mengatakan, Maluku berada di tengah-tengah daerah penangkapan ikan utama dan pasar regional, sehingga kawasan ini berfungsi sebagai pusat distribusi perikanan yang sangat baik.

“Wilayah ini memiliki akses yang baik terhadap pasar domestik dan internasional sehingga menurunkan biaya transportasi dan meningkatkan efisiensi logistik,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (19/6/2024).

Hal tersebut disampaikannya saat menyampaikan keynote speaker bertema “Pemanfaatan Maluku sebagai Regional Fisheries Distribution Hub” secara daring pada Klinik Pelatihan dan Kegiatan Koordinasi Usaha Penguatan Kapasitas Perikanan Berkelanjutan di Ambon, Maluku, yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). . )

Baca juga: Tingkatkan Keselamatan dan Keamanan, Kementerian KP Serahkan Kewenangan Sertifikasi KPA ke BPPSDM KP

Selain itu, kata Nyoman, Maluku terlibat penuh dalam bidang perikanan, yaitu menangkap ikan-ikan penting seperti tuna dan gurita. 

Tingkat produksi Maluku saat ini sangat menjanjikan, didukung oleh data ekspor yang kuat dan mencerminkan kuatnya landasan yang telah dibangun. 

“Sumber daya laut yang belum dimanfaatkan di Maluku memberikan peluang besar untuk meningkatkan produksi dan ekspor,” ujarnya dalam siaran pers. 

Namun, masih terdapat potensi besar yang belum dimanfaatkan untuk dimanfaatkan dengan baik.

“Dengan menggunakan sumber daya ini, kita dapat meningkatkan dampak ekonomi secara lokal dan nasional,” katanya. 

Nyoman mengatakan potensi pertumbuhan Maluku sangat besar. Dengan strategi yang tepat, kawasan dapat menggunakan kekuatannya untuk memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan.

Baca Juga: Peletakan Batu Pertama, Kementerian Kelautan dan Perikanan Siapkan Pembangunan Jalur Perikanan Sukabumi

Ia mengatakan tujuan utama Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah menguraikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengubah Maluku menjadi pusat distribusi perikanan regional yang utama. 

“Kami di sini bersama-sama untuk menjajaki kepentingan strategis Maluku dalam industri perikanan, mempelajari aktivitas terkini dan mengidentifikasi peluang pertumbuhan,” ujarnya. 

Nyoman menegaskan, perubahan tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian nasional secara signifikan dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Pembangunan infrastruktur

Untuk mendukung perubahan pengelolaan perikanan di Maluku, Kementerian Kelautan dan Perikanan sedang mempertimbangkan peningkatan dan pengembangan infrastruktur, termasuk pelabuhan dan fasilitas pengolahan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top