Cara Simpan Ban Serep Supaya Awet Terjaga

JAKARTA, virprom.com – Menghemat ban serep menjadi hal yang sering luput dari perhatian pengemudi. Padahal hal ini sangat penting untuk memastikan kondisi ban tetap optimal saat dibutuhkan.

Menurut Fis Rizgian, Deputy Original Equipment (OE) Manager Bridgestone Indonesia, perawatan ban serep penting untuk diperhatikan agar tetap awet dan siap digunakan.

“Jika tidak menggunakan ban serep, usahakan tetap kering dan terhindar dari sinar matahari dan bahan kimia,” kata Fisa Rizgiano kepada virprom.com akhir pekan lalu.

Baca Juga: PO Kencana siap meluncurkan shuttle khusus wanita bergambar Barbie

Kelembapan dan sinar matahari langsung dapat menyebabkan keausan ban, sedangkan bahan kimia dapat merusak karet ban dan menurunkan daya tahannya.

Selain menjaga ban serep tetap kering dan terlindung dari sinar matahari, pengemudi juga diimbau untuk rutin melakukan pengecekan.

“Meskipun ban tidak digunakan, pastikan tekanan udara pada ban serep sesuai dengan anjuran pabrikan. Tekanan udara yang tidak tepat dapat menyebabkan ban rusak saat dibutuhkan,” ujarnya.

Fis juga mengingatkan agar ban serep harus ditempatkan dengan benar pada tempat penyimpanan kendaraan yang diperuntukkan.

“Pemasangan yang salah dapat menyebabkan deformasi atau bahkan kerusakan pada ban,” jelasnya.

Baca juga: Truk Wajib Gunakan Bumper Belakang Demi Keselamatan Kendaraan Lain

Dengan menjaga kondisi ban serep sesuai anjuran tersebut, pengemudi dapat memastikan ban serep selalu dalam kondisi prima dan siap digunakan saat dibutuhkan.

“Keselamatan berkendara adalah kuncinya, dan ban serep yang siap pakai adalah bagian dari upaya itu,” pungkas Fisa Rizgiano.

Dengan mengikuti praktik penyimpanan yang benar, pengemudi dapat memperpanjang umur ban cadangan dan memastikan keandalan ban dalam keadaan darurat. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top