Libur Panjang Waisak, Ingat Batas Kecepatan Berkendara di Jalan Tol

Jakarta, virprom.com – Waisak 23-24 Mei 2024 Hari libur dan akhir pekan merupakan hari libur bagi sebagian orang.

Oleh karena itu, wisatawan dan orang yang lewat harus memperhatikan batas kecepatan berkendara di jalan tol.

Batasan kecepatan berkendara di jalan raya diatur dalam tiga Peraturan Jalan Raya (Perpu), yaitu PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, PP Nomor 79 Tahun 2005 tentang Jalan Raya dan Jaringan Angkutan, serta Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 17 Tahun 2005. PM 111 Tahun 2005. Untuk menentukan batas kendaraan.

Undang-undang pertama adalah PP 15 Pasal 5 ayat (2) Tahun 2015 yang mengatur tentang jalan tol dalam kota dan batas kecepatan minimum.

Baca juga: Berbagai Penyebab Truk Gagal Menanjak

Jalan tol yang digunakan untuk lalu lintas di pusat kota dirancang dengan kecepatan rencana minimal 80 km/jam, sedangkan jalan tol dalam perkotaan memiliki kecepatan rencana minimal 60 km/jam.

Kemudian batas kecepatan maksimal dijelaskan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 111 Pasal 3 Ayat (4) yaitu 100 km/jam dalam kota dan 80 km/jam dalam kota. Keduanya ditekankan dengan menekan simbol.

Selain itu, aturan batas kecepatan di jalan tol juga tidak jelas, sehingga dapat berubah dan dalam kasus tertentu dapat diubah. Hal ini sesuai Pasal 24 Ayat (1) Nomor PP 79 Tahun 2013.

Baca Juga: Toyota Kembangkan SUV Gazoo Racing Pertama

Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 ayat (2), batas kecepatan maksimum dapat ditetapkan di bawah berdasarkan pertimbangan sebagai berikut.

A. Frekuensi kecelakaan yang tinggi pada lingkungan jalan yang sesuai; perubahan kondisi jalan atau geometri jalan atau lingkungan jalan; Orc. Menurut tingkat kondisi jalan dalam rencana lalu lintas dan transportasi konferensi lokal

Menurut Marcel Kurniawan, direktur pelatihan Real Driving Center (RDC), proses ini dapat menyelamatkan pengemudi dari kecelakaan.

“Kalau kita bicara kecelakaan di jalan raya, seringkali disebabkan oleh banyaknya kendaraan yang melaju dengan kecepatan tidak teratur. Oleh karena itu, pengaturan penetapan batas kecepatan menjadi sangat penting,” kata Marcel kepada virprom.com, baru-baru ini.

Selain itu, peraturan ini juga mewajibkan pengemudi untuk berkendara dengan aman dan menaati hukum saat melintasi jalan tol.

“Semua regulasi dibuat untuk mengedepankan keselamatan, dan menurut saya regulasi (batas kecepatan) pasti bermanfaat bagi pengemudi,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top