Pihak Hasto Laporkan Penyidik KPK yang Sita Handphone ke Dewas, Tapi Kantor Sudah Tutup

JAKARTA, virprom.com – Selaku pegawai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Cristianto, tim kuasa hukum Kusnadi melaporkan kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK penyidik ​​Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menyita telepon genggam kliennya.

Penyitaan itu dilakukan saat penyidikan dugaan suap Harun Masiku, mantan pejabat PDI Perjuangan, di Gedung Merah Putih KPK, Hasto, Jakarta Selatan.

Laporan itu diajukan atas nama Kusnadi yang dicari penyidik.

“Hari ini kami laporkan ke penyidik ​​bahwa kakak Kusnadi dan Sekjen PDI Perjuangan Mas Hasto telah melakukan penggeledahan dan penyitaan secara profesional terhadap barang-barang milik Cristiano,” kata Roni Talapsi, kuasa hukum Kusnadi dan Hasto, saat ditemui Met di gedung lama BPK, Jakarta. Senin. (10/6/2024) Sore.

Baca Juga: BPK menyita ponsel dan tas asisten Hastu

Menurut Rooney, Kusnadi saat itu sedang duduk di depan lobi K.P.K. bangunan. Sedangkan Hasto diperiksa di lantai dua Gedung Merah Putih K.P.C.

Kusnadi kemudian menghampiri penyidik ​​bernama Rossa Purba Bekti yang mengenakan masker dan topi. Kusnadi dipanggil Hasto, katanya.

Putra pasien masuk C.P.C. gedung dan naik ke lantai dua tempat pemeriksaan dilakukan.

Di lantai dua, penyidik ​​menggeledah dan menyita satu unit ponsel milik Kusnadi, dua unit ponsel milik Hasto, dan buku catatan Hasto.

“Kami ingin mengatakan ada ketidakprofesionalan di sini karena kami curiga kami menjebak Saudara Kusnadi dalam cara kami menyampaikannya,” kata Rooney.

Baca juga: Seperti Kesaksian Harun Masiku, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Akui Ditinggal Penyidik ​​KPK Hingga Kedinginan.

Rani juga menyinggung ketentuan pasal 38 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) bahwa penyitaan juga harus seizin pengadilan negeri setempat.

Kalau perlu, kata Rani, bisa digeledah besok. Namun kondisinya saat itu tidak mendesak.

“Karena kakak Kusnadi ikut mendampingi dan tidak lepas atau apa pun,” kata Ronnie.

Kantor ditutup

Rani didampingi Johan Tubing memasuki K.P.C. gedung tempat kantor DeVos berada, untuk memberikan laporannya.

Namun gedung lama KPC sepi dan hanya lantai satu yang aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top