Sopir Diduga Mengantuk, BMW M4 Tabrak Pembatas Jalan hingga Ringsek

JAKARTA, virprom.com – Baru-baru ini terjadi kecelakaan yang melibatkan mobil sport BMW di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Video yang beredar di media sosial, salah satunya diunggah akun Instagram Indocarstuff, memperlihatkan sebuah mobil BMW M4 berhenti di sebuah persimpangan setelah menabrak pembatas jalan. Ceritanya menjelaskan, pengemudi mobil diduga tertidur dan menyebabkan kecelakaan.

“Terjadi kecelakaan, mobil melaju ke jalan raya. Tersangka pengemudi tertidur. Kami harap yang di dalam mobil baik-baik saja,” tulis majalah itu.

Baca Juga: Bus PO Harapan Jaya Baru Berjalan Via Jetbus 5

Direktur Pendidikan Safety Council Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, penyebab terbesar kecelakaan di jalan raya adalah kesalahan pengemudi. Ada kasus mobil menabrak benda lain karena pengemudinya tertidur.

Mengantuk bisa membuat pengemudi setengah sadar. Artinya mata tidak bisa membaca lalu lintas dengan baik dan otak tidak bisa merespon kondisi lingkungan, kata Sony.

Lanjut Sony, sang pengemudi matahari dengan separuh hatinya sudah tak sadarkan diri. Jadi tentunya saat Anda sedang berkendara, pengemudi tidak bisa membaca situasi lalu lintas di depan Anda.

“Perilakunya merugi saat berkendara, hanya berjalan lurus tanpa kendali dan berhenti ketika menabrak sesuatu di depan atau kiri kanan,” ujarnya.

Baca juga: Pelajar Sebut Pelatihan Keselamatan Berkendara Perlu Diperluas

Menurut Sony, mataharilah yang diketahui pengemudi. Hanya saja mereka terlalu malas untuk istirahat, bahkan ada yang merasa bertanggung jawab atau ingin cepat sampai ke tempat tujuan meski sudah tidur.

Bukan hal yang aneh jika ada orang di sekitar Anda yang merokok, ngobrol, minum kopi, musik, dan lain-lain padahal otaknya sudah kuat.

“Cara mengatasi tidur yang benar adalah dengan berhenti, tidur, atau istirahat untuk merangsang otot, otak, dan saraf Anda,” kata Sony. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top