Timwas Haji DPR Minta Kemenag Agar Tak Ada Keterlambatan Kepulangan Kepulangan Jemaah Haji

virprom.com – Anggota (RI) As Tim Pengawasan Haji (Timwas) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR), Hassan Shajiri, meminta Kementerian Agama (Kemenag) menghindari penundaan. dalam kembali ke rumah. Bagi jamaah haji Indonesia dari Arab Saudi.

Pasalnya, puncak ibadah haji telah usai dan sebagian jemaah haji Indonesia bersiap untuk pulang ke tanah air.

“Pertama, kami ingin memastikan jamaah haji dan sebagiannya berangkat ke Madinah setelah puncak haji, dan jumlah jamaah di Madinah setengah dari jumlah jamaah haji.” Hasan atau akrab disapa Kang Ace, disampaikan wartawan yang kembali ke Indonesia, Senin (24/6/2024).

Kang Ace juga menegaskan, pelayanan maksimal bagi jemaah haji yang kembali ke Indonesia menjadi hal yang sangat penting. Selain itu, kualitas pelayanan bisa saja menurun setelah masa puncak haji berakhir.

Baca Juga: Kemenag pilih Kodim Mina sebagai tempat menginap jemaah haji karena dekat dengan Tempat Pelemparan Jumla

Untuk itu, Timwas Haji DPR RI meminta Kementerian Agama selalu memberikan fasilitas pelayanan yang baik kepada jemaah haji yang tiba di Madinah usai puncak ibadah haji.

“Kami ingin memastikan pelayanan yang diberikan kepada mereka di Medina benar-benar sebaik mungkin,” kata Kang Ace dalam siaran persnya, Selasa (25 Juni 2024).

Sebab, biasanya pelayanan dikurangi setelah puncak ibadah haji. Kami ingin memberikan pelayanan prima kepada jamaah haji yang datang ke Madinah setelah puncak ibadah haji.

Selain pelayanan, Ace Kang juga menyoroti perubahan jalur pulang jemaah haji Indonesia tahun ini. Kebetulan, sebagian jamaah haji Indonesia akan kembali melalui Madinah, bukan Jeddah pada tahun 2024.

Baca Juga: DPR berencana melibatkan lebih banyak pemangku kepentingan untuk menyempurnakan penyelenggaraan haji tahun depan

Berdasarkan laporan Direktur Pelayanan Dalam Negeri, terjadi keterlambatan pengurusan kepulangan jemaah haji yang seharusnya datang dari Jeddah dan berakhir di Madinah, jelas Khan Ace.

Di sisi lain, Kang Ace juga menyayangkan kejadian seperti itu terjadi dan menganggap hal tersebut tidak efektif.

“Kalau dicermati, ini sangat tidak efisien. Setelah mereka datang ke Madinah, mereka menunaikan haji di Mekkah, ke Madinah lagi, lalu kembali ke Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Kang Ace berharap seluruh permintaan Tim Haji DPR RI ditindaklanjuti langsung oleh Kementerian Agama. Dengan demikian, kepulangan jemaah haji Indonesia dapat berjalan tanpa kendala apa pun. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top