Kemenpora Raih Predikat WTP dari BPK RI

virprom.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali mendapat predikat “Wajar Berprestasi” (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Hal ini merujuk pada laporan temuan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) tahun anggaran 2023.

Hasil tersebut diumumkan pada acara pemaparan LKPP LHP TA 2023 dan Lembar Hasil Ujian Semester II (IHPS) II 2023 di Ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center (JCC) pada Senin (07/08/2024) pagi.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotejo dan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro menghadiri acara tersebut mewakili Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Baca juga: Jersey Indonesia Terinspirasi Bendera yang Berkibar untuk Olimpiade Paris 2024 dan Belum Dijual ke Umum

Selain itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga serta kementerian/lembaga lainnya atas capaian WTP.

Presiden mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah atas predikat WTP dalam laporan keuangan pemerintah tahun ini.

“Saya sudah sering bilang, WTP bukanlah sebuah prestasi, tapi WTP adalah kewajiban kita semua, komitmen untuk memanfaatkan APBN dengan sebaik-baiknya,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari situs resmi Kemenpora.

Kemenpora mengucapkan terima kasih kepada BPK RI yang kembali meraih gelar WTP.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024, Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia 10 Juli

“Alhamdulillah atas kerja keras semuanya, seluruh pengelola keuangan, dan seluruh pegawai Kemenpora atas dukungannya di tahun 2023. hasil audit laporan keuangan, Kemenpora mencabut WTPnya,” kata Sesmenpora Gunawan.

Jajaran Kemenpora diharapkan dapat kembali mempertahankan predikat WTP pada tahun-tahun mendatang sehingga Kemenpora tetap bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh pengelola keuangan dan seluruh pegawai Kemenpora yang telah berhasil dan mendukung penerapan WTP di Kementerian Pemuda dan Olahraga,” kata Semenpora.

Berdasarkan hasil laporan audit BPC ini, terdapat peringatan terhadap pemantauan hasil audit tahun-tahun sebelumnya sejak tahun 2010.

Baca Juga: Atlet PBSI Dikarantina Hingga 2024. Olimpiade Paris

Menurut Sesmenpora, hasil pemeriksaan sudah terpantau sebelumnya dan kini mendekati 80 persen.

“Tujuan kami segera selesai hingga 100 persen agar Kemenpora benar-benar akuntabel dan sah dalam mengelola keuangan negara,” kata Sesmenpora Gunawan.

Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada BPK Indonesia yang terus meningkatkan kinerja pemeriksaan keuangan publik serta profesionalisme dan fungsi pemeriksaannya.  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top