Khotbah di Depan Jokowi, Ketua KPU Bawakan Tema Kurban sebagai Ujian Keimanan

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Baiturrahman Simpang Lima, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah pada Senin, 10 Dzulhijjah 1445 Hijriah bertepatan dengan 17 Juni 2024 Pak.

Sebagaimana diberitakan dalam siaran pers Sekretariat Presiden, Kepala Negara dan Ibu Iriana tiba di lokasi sekitar pukul 06.05 WIB dan langsung mendatangi jajaran yang ditugaskan.

Presiden Jokowi juga menyanyikan takbir dan tahmid bersama jemaah lainnya yang dipimpin oleh Ustaz Muhammad Yusuf.

Tepat pukul 06.25 WIB, salat Idul Adha dilangsungkan dengan dipimpin oleh Imam K.H. Zaenuri Ahmad Al Hafiz, Kepala Pondok Pesantren Nurul Koran Semarang.

Baca juga: Masjid Istiklal Terima 50 Sapi Kurban, Lainnya dari Jokowi, Prabowo, dan Megawati

Usai salat, Presiden Jokowi mendengarkan khotbah yang disampaikan oleh khatib Hasim Asi’ari yang juga Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Khotbahnya bertemakan “Pengorbanan sebagai Ujian Iman.”

Dalam khutbahnya, Hasyim Asy’ari mengatakan, hari raya Idul Adha mengingatkan kita pada kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

Saat itu perintah Allah turun kepada Nabi Ibrahim untuk berkurban dengan menyembelih putra semata wayangnya, Ismail. Nabi Ibrahim AS dengan penuh ketaatan dan ketaatan siap melaksanakan perintah tersebut.

“Sebaiknya kita meneladani dan mengikuti pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail dalam artian kita dengan kemampuan yang ada siap menaati dan melaksanakan perintah Allah dengan menyumbangkan sebagian harta yang kita miliki,” kata Hasyim.

Baca juga: Alasan Jokowi Salat Idul Adha 2024 di Semarang

Ia juga mengatakan, selain ibadah yang berorientasi vertikal, yakni mendekatkan diri kepada Tuhan, bersedekah juga memiliki orientasi horizontal atau sosial, yakni berbagi rezeki dengan orang lain.

“Kalau di hari raya Idul Fitri kita membahagiakan orang lain dengan zakat, maka di hari raya Idul Adha itulah saatnya kita membahagiakan orang lain dengan berkurban,” tuturnya.

Usai salat Idul Adha, Presiden Jokowi menyerahkan hewan kurban kepada Panitia Amal Masjid Baiturrahman Kota Semarang.

Baca Juga: Saat Ketua KPU Sosialisasikan Cattologi ke Jokowi…

Hewan kurban yang diserahkan Presiden berupa sapi jenis Simmental dengan berat sekitar 1.250 kg.

“Bismillahirrahmanirrahim, saya serahkan kepada Panitia Persiapan Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman Semarang sebagai kurban untuk menyembelih keluarga kami dan membagikan dagingnya kepada yang berhak. Semoga Allah menerima ibadah haji ini,” kata Presiden.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana turut hadir dalam acara ini didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Dedi Suryadi, Irjen Pol Jateng, Irjen Pol. Ahmad Lutfi dan Walikota Semarang Hewearita Gunarti Rahayu. Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top