Efek Negatif Kebiasaan Tidur Setelah Pukul 1 Malam

virprom.com – Banyak orang yang memanfaatkan waktu malam yang seharusnya untuk tidur, melainkan berselancar di media sosial, menonton serial di layanan streaming, atau mungkin menyelesaikan pekerjaan.

Kebiasaan tidur larut malam, bahkan setelah jam 1 siang, tidak hanya membuat kita merasa lesu keesokan harinya, tapi juga berdampak pada kesehatan mental kita.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Psychiatry Research, yang menganalisis pola tidur dan data kesehatan hampir 74.000 warga Inggris, menemukan bahwa mereka yang sering tidur setelahnya 13.00 lebih cenderung menderita gangguan mental seperti depresi dan kecemasan. .

Tim peneliti mengatakan, terlepas dari apakah seseorang merasa seperti early bird (tidur lebih awal) atau night bird (tidur larut malam), tidur setelah jam 1 siang berdampak negatif pada kesehatan mental. Faktanya, mereka yang tidur setelah jam satu adalah yang paling berisiko.

Baca juga: 4 Efek Samping Begadang Bagi Remaja, Bukan Cuma Ngantuk

Menurut pakar psikiater Matthe Lehrer, secara umum orang yang terbiasa tidur setelah tengah malam kemungkinan besar akan terbangun di siang hari atau tetap terjaga beberapa jam setelah matahari terbenam.

“Jika kita tidak tidur setelahnya 13:00-14:00, Anda mungkin baru akan bangun beberapa jam setelah matahari terbit. Dan Anda tidak tidur selama beberapa jam setelah matahari terbenam, jadi ini di luar siklus terang-gelap dan bisa menjadi masalah,” ujarnya.

Menurut Lehrer, tubuh kita membutuhkan sinyal kuat bahwa hari sudah siang, yang bisa dirasakan dari paparan sinar matahari pagi.

“Jika kita tidak mendapatkan sinyal-sinyal tersebut, atau jika sinyal-sinyal tersebut kacau, hal ini dapat menyebabkan masalah pada biologi kita, yang juga dapat mempengaruhi otak kita,” kata Lehrer.

Selain itu, ada beberapa mekanisme yang terkait dengan otak dan ritme sirkadian. Aktivitas otak larut malam dikaitkan dengan perilaku impulsif dan maladaptif.

Saat kita begadang hingga larut malam, aktivitas otak yang terkait dengan perilaku ini menurun dan dapat menyebabkan buruknya kesehatan mental.

Baca juga: Apa Jadinya Jika Ritme Sirkadian Terganggu?

Beberapa fungsi otak lebih rentan terhadap kurang tidur. Hal ini dapat menimbulkan kecemasan dan efek negatif lainnya karena fungsi otak yang lebih tinggi yang mempengaruhi regulasi menjadi tumpul.

Pekerja shift malam

Bagaimana dengan orang yang harus bekerja shift malam? Ada beberapa cara yang disarankan untuk menekan dampak negatif begadang setiap hari.

Tidur siang pertama. Pakar kesehatan tidur Dr Indira Gurubhagavatula menyebut tidur siang jenis ini strategis.

“Ini adalah tidur siang yang terjadi pada shift malam, saat kita paling banyak mengantuk, saat sangat sulit untuk tetap terjaga, mata hampir tertutup. Waktu itu akan sangat efektif digunakan untuk tidur siang, jika memungkinkan,” dia berkata .

Yang kedua adalah tidur siang preventif. Sebelum shift dimulai, usahakan untuk tidur sekitar 20-30 menit.

Strategi lain bagi pekerja shift malam adalah memaparkan mereka pada cahaya terang saat bekerja.

“Kita bisa menggunakan cahaya buatan yang terang. Ini berguna untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan mood,” kata Lehler.

Menerapkan formula tertentu, yaitu mengikuti jadwal makan siang pada siang hari tanpa makan pada shift malam. Hal ini berguna untuk menjaga mood Anda tetap stabil.

Baca juga: 7 manfaat berjemur pagi yang bisa meningkatkan kualitas tidur

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top