Jangan Asal, Ini Cara Pastikan Kap Mesin Sudah Tertutup Sempurna

KLATEN, virprom.com – Kap mesin mobil yang tidak ditutup dengan benar dapat membahayakan keselamatan pengemudi.

Pada kecepatan tertentu, kap mesin bisa terbuka sendiri akibat hembusan angin dari depan.

Sayangnya, tidak semua mobil dilengkapi dengan sensor kap mesin yang mampu memberikan informasi posisi kepada pengemudi. Oleh karena itu, pengemudi seringkali lupa menutupnya dengan benar.

Lalu bagaimana cara memastikan kap mesin tertutup sempurna atau tidak?

Baca Juga: Tanpa Ribet, Ini Fungsi Lubang Kap Mobil Fortuner VNT

Supervisor Nissan Bintaro Ibrahim mengatakan, ada mobil yang dilengkapi sensor kap mesin, namun banyak juga yang tidak, sehingga perlu memastikan kap mesin tertutup rapat.

Pengendara bisa melihat dari permukaan kap mesin, apakah ada celah yang terlalu besar antara bodi dan kap mesin, sehingga bisa ditutup kembali hingga sempurna atau terkunci, kata Ibrahim kepada virprom.com, baru-baru ini. .

Pengemudi dapat mengecek apakah kap mesin terkunci atau tidak dengan menarik kap mesin.

Jika terdengar suara kap mesin terangkat, berarti posisi sebelumnya terkunci atau tertutup seluruhnya.

Baca Juga: Video Viral, Suzuki Ertiga Bangun Dengan Dua Orang Di Kap Mobil

Ibrahim mengatakan, meski kap mesin terlihat tertutup rapat, namun bisa jadi tidak terkunci sehingga tetap bisa membahayakan.

“Misal kap mesin ditarik ke belakang, atau ada masalah pada pengunci mekanis, saat kap mesin ditutup, ditekan atau dibanting, kaitnya mungkin tidak terkunci, jadi kalau diangkat dengan tangan, kap mesin masih terbuka. “ucap Ibrahim.

Menurut Ibrohim, dengan memastikan kap mesin terkunci melalui tuas kap mesin di kabin, maka status kap mesin terkunci atau tidak dapat diketahui dan lebih aman.

Baca juga: Klarifikasi Kementerian Perhubungan Jakarta soal Video Polisi Naik Kap Mobil

“Sensor kap mesin sebenarnya hanya saklar tekanan. Kalau ditekan berarti kap mesin tertutup, tapi kalau tidak berarti masih ada celah di kap mesin,” kata Ibrahim.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa apakah kap mesin tertutup rapat atau tidak dengan memastikannya terkunci untuk menghindari kejadian kap mesin membuka dan menutup kaca depan saat berkendara. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top