Macam-macam Perangkat Jaringan Komputer beserta Pengertian dan Fungsinya

virprom.com – Pengguna harus mengetahui beberapa poin dasar tentang jaringan komputer, terutama saat mempelajarinya. Salah satu hal yang mendasar adalah perangkat jaringan komputer yang berbeda-beda.

Anda harus mengetahui berbagai jenis perangkat jaringan komputer. Karena mengetahui perbedaan perangkat jaringan komputer memudahkan pengguna mengetahui perangkat apa saja yang biasa digunakan dalam jaringan komputer.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Beserta Jenis dan Perbedaannya

Karena akan bermanfaat Apa saja jenis-jenis perangkat jaringan komputer? Artikel ini menjelaskan secara lengkap tentang jenis-jenis perangkat jaringan komputer dan fungsinya.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, lihat uraian berikut tentang berbagai perangkat jaringan komputer dan fungsinya. Apa itu jaringan komputer?

Sebelum mengetahui jenis-jenis perangkat jaringan komputer, ada baiknya kita mengingat kembali pengertian jaringan komputer. Karena pengertian jaringan komputer sudah banyak, maka kami akan terus menjelaskan jenis-jenis perangkatnya.

Jadi apa itu jaringan komputer? Jaringan komputer adalah suatu sistem yang dapat menghubungkan beberapa komputer (node) dalam suatu jaringan sehingga dapat saling berkomunikasi, berbagi sumber daya, dan mentransfer data.

Fungsi paling sederhana dari jaringan komputer adalah untuk memfasilitasi pembagian beban kerja perangkat untuk menjalankan program. Selain itu, fungsi lain dari jaringan komputer adalah untuk menghemat sumber daya.

Misalnya dengan jaringan komputer, beberapa komputer dapat mencetak dokumen atau mencetak ke satu perangkat cetak. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu menginstal printer di setiap komputer, sehingga dapat menghemat sumber daya.

Jaringan komputer terdiri dari beberapa perangkat yang memungkinkan beberapa komputer atau node untuk berkomunikasi satu sama lain. Lalu apa itu perangkat jaringan komputer? Untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah pengertian perangkat jaringan komputer. Pengetahuan tentang perangkat jaringan komputer

Perangkat jaringan komputer adalah sekelompok perangkat yang bekerja sama untuk membuat jaringan komputer. Berbagai jenis perangkat digunakan untuk mengatur jaringan komputer.

Berbagai jenis perangkat jaringan komputer termasuk server, kartu jaringan, kabel jaringan, router, dan banyak lagi. Setiap perangkat jaringan komputer mempunyai fungsi yang berbeda-beda, namun dapat bekerja secara harmonis.

Penjelasan lebih lanjut mengenai macam-macam perangkat jaringan komputer dan fungsinya adalah sebagai berikut. Jenis-jenis perangkat jaringan komputer dan fungsinya 1. Komputer server

Perangkat jaringan komputer yang pertama adalah komputer server. Komputer server berfungsi sebagai lokasi penyimpanan atau database pengelolaan informasi dan sumber daya jaringan yang nantinya dibagikan kepada komputer klien.

Baca juga : 8 Jenis Software Jaringan Komputer Beserta Pengertian dan Contohnya 2. PC Client

Dalam hubungan yang terbentuk dalam jaringan komputer, terdapat juga infrastruktur komputer pengguna. Fungsi komputer klien adalah menerima dan menjalankan sumber daya yang digunakan bersama oleh komputer server. Misalnya, sumber daya ini mencakup akses ke perangkat pencetakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top