Nova Arianto Ingat Kata STY, Catatan untuk Timnas U16 Indonesia

virprom.com – Nova Arianto menjadi salah satu pelatih tersibuk bersama timnas Indonesia pada tahun 2024.

Selain menjadi asisten Shin Tae-yong di level senior, ia juga menjabat sebagai pelatih kepala timnas U-16 Indonesia.

Dia juga harus bijaksana dalam menetapkan ekspektasi para pemain. Tim U-16 asuhan Nova Arinto tidak bisa memaksa para pemain timnas bermain seperti seniornya yang kualitas dan mentalitasnya jauh lebih matang.

“Iya pasti beda, karena saat bertugas di timnas senior, standar pemainnya belum bisa kita capai. Misalnya dulu saya nonton Rizky Ridhu dan Jay Aids. Saya sudah terbiasa, kami tidak bisa. Dia tidak cocok dengan pemain timnas U-16 Indonesia seperti Ridhu atau Jay,” kata Nova Arinto.

Baca Juga: Timnas U-16 Punya Tujuan Jangka Panjang

Menurutnya, tugas utama sebagai pelatih timnas kelompok umur adalah membina para pemain agar memiliki kualitas yang cukup untuk menuju timnas senior Indonesia dalam lima atau enam tahun ke depan. 

“Membangun dari latihan kualitas passing, pertahanan individu, cara membaca permainan, itu harus kita tingkatkan. Untuk kedepannya pemain timnas U-16 bisa menjadi pemain timnas senior di masa depan,” imbuhnya. Dia berkata.

Nova Arianto berharap para pemain era pemain Timnas Indonesia U-16 Mohammad Zahabi Gholi dll terus mengembangkan dan meningkatkan performanya hingga mencapai usia senior. 

“Sehingga menjadi rekor pemain ke depan. Ya targetnya lolos ke tim senior,” ucapnya.

Timnas U16 asuhan Nova Arianto mengakhiri perjalanannya di Piala AFF U16 2024 dengan menempati posisi ketiga.

Pada laga ketiga Piala AFF U16 2024, pasukan Nova Arianto menang 5-0 atas Vietnam.

Semasa Piala AFF U16 2024, Nova Arianto mengaku terus menjalin silaturahmi dengan Shin Tae-yong yang menjadi mentornya selama bekerja di timnas senior Indonesia.

Baca juga: Indonesia Vs Vietnam 5-0: Garuda Puji Semangat dan Kekuatannya

“Yang selalu diingatkan oleh pelatih Shin Tae-yong ketika berbicara melalui Jeje (julukan Jeong Seok-seo, penerjemah timnas Indonesia) adalah masalah mental. Para pemain muda ini masih memiliki masalah mental,” kata Nova He. Ariento.

“Tim saya sedang melalui rollercoaster saat ini. Kadang bagus, kadang tidak,” tambah Nova.

Nova Arinto mengatakan, kunci kelancaran kedua pekerjaan di timnas level kelompok umur ke atas adalah komunikasi dengan Shin Tae-yong.

Pada September-Oktober 2024, Nova Senior bersiap menghadapi agenda penting bersama timnas Indonesia.

Saat itu, skuad Garuda asuhan Shin Tai-yong menghadapi dua laga melawan Arab Saudi dan Australia di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Selain itu, Nova Arinto juga bertugas memimpin timnas U-16 Indonesia pada kualifikasi Piala Asia U-17 2025 yang akan dimainkan pada Oktober 2024.

“Tidak ada konflik jadwal di bulan September karena timnas U-16 hanya akan menggelar TC (pemusatan latihan).”

“Tetapi pada bulan Oktober nanti kami harus menghadapi babak kualifikasi. Ini yang coba kami diskusikan dan rumuskan dengan pelatih Shin Tai-yong termasuk Pak Kitam (PSSI)”. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top