Luhut: IKN Tidak Ada Masalah, yang Masalah Pimpinannya

JAKARTA, virprom.com – Luhut Binsar Pandjaitan membenarkan Menteri Gabungan Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) tidak ada masalah dengan Ibu Kota Indonesia (IKN).

Menurut dia, yang menjadi permasalahan adalah kepemimpinan yang menggerakkan IKN.

Diketahui, Ketua IKN Inspektur Bambang Susantono dan Wakil Inspektur IKN Dhony Rahajoe baru saja mengundurkan diri.

“IKN tidak ada masalah, itu masalah kepemimpinan. Jadi kalau ada yang bilang tidak ada investasi pembangunan, semua berjalan, lambat sana-sini, itu biasa saja,” kata Luhut dalam rapat dengan Banggar DPR, Senayan. , Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Baca juga: Jokowi Bandingkan Kualitas Udara: Jakarta 176, IKN Sekitar 20

Luhut menjelaskan, banyak permasalahan di IKN yang dulu diselesaikan, kini sudah teratasi.

Secara keseluruhan, ia menilai tidak ada permasalahan besar terkait pengembangan IKN.

Apalagi sekarang Menteri PUPR sedang menjalankan tugasnya, dia benar. Kami membantu untuk mendapatkan 2.000 hektare lahan yang kurang lebih rentan, katanya.

“Tetapi saya kira kita bekerja sama dengan bank nasional. Dan saya melihat keseluruhannya bisa diselesaikan.

Diberitakan sebelumnya, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sudah mengundurkan diri dari jabatannya.

Baca juga: Jokowi Tak Khawatir dengan Mundurnya Kepala Kekuasaan hingga Hentikan Investasi Asing di IKN

Kepastian pengunduran diri tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Diberitakan Pratikno, beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo menerima surat pengunduran diri dari Dhony yang disusul surat pengunduran diri Bambang.

Beberapa waktu lalu, Presiden menerima surat pengunduran diri dari Wakil CEO IKN Bapak Dhony Rahajoe di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Pratikno mengatakan, Jokowi juga menandatangani perintah presiden tentang pemberhentian Bambang dan Dhony sebagai ketua dan wakil ketua Badan IKN.

Baca juga: Jokowi Bakal Berkantor di IKN Awal Juli, Tunggu Air

Dalam Perpres tersebut, Presiden juga menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Ketua (Pj) Dewan Umum Nusantara (IKN).

Selain itu, Kepala Negara juga telah menunjuk Wakil Menteri Agraria, Tata Ruang, dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni sebagai Wakil Kepala Badan IKN.

Bambang dan Dhony pertama kali dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Otoritas IKN pada 10 Maret 2022. Keduanya ditetapkan menjabat periode 2022-2027. Dengarkan berita dan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top