Trigliserida Tinggi Apa Boleh Makan Pisang? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Penderita trigliserida tinggi harus berhati-hati dengan pola makannya, termasuk membatasi makanan manis.

Namun, buah-buahan manis seperti pisang umumnya aman bagi penderita trigliserida dan bahkan dapat membantu mengatasi keinginan makan gula.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai seberapa tinggi trigliserida yang bisa dimakan buah pisang, simak ulasannya di bawah ini:

Baca selengkapnya: Makan apa untuk meningkatkan Trigliserida? Berikut ulasannya… Bolehkah makan pisang jika trigliserida saya tinggi?

Ya, orang dengan kadar trigliserida tinggi bisa makan pisang sesuai anjuran dokter atau spesialisnya tanpa makan berlebihan.

Seperti dilansir Healthline, pisang aman dikonsumsi karena membantu menurunkan kadar trigliserida darah.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa pisang kaya akan serat larut yang mampu mencegah dan memperlambat penyerapan lemak dalam tubuh, baik trigliserida maupun kolesterol.

Studi lain menemukan bahwa diet tinggi serat mengurangi kadar trigliserida pada orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Pisang juga memiliki rasa manis yang dapat membantu mengekang ngidam gula atau keinginan mengonsumsi makanan manis.

Oleh karena itu, penderita trigliserida sebaiknya mengonsumsi pisang daripada makanan manis seperti buah-buahan kaleng, donat, kue kering, dan manisan.

Selain itu, pisang mengandung inulin yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Namun perlu Anda ingat bahwa pisang merupakan buah yang sangat tinggi karbohidrat.

Baca selengkapnya: Apa Arti Trigliserida Tinggi? Berikut penjelasannya…

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram buah pisang (1 buah pisang kecil) mengandung sekitar 23 gram karbohidrat.

Karbohidrat berlebih berpotensi menyebabkan kondisi kesehatan seperti penambahan berat badan dan rendahnya gula darah pada penderita trigliserida.

Lalu, selain mengonsumsi pisang, Anda bisa mencoba buah lain yang menurunkan trigliserida, seperti alpukat, kiwi, stroberi, dan jeruk. Makanan apa yang mengurangi lemak netral?

Penderita trigliserida juga harus mengetahui beberapa makanan yang aman dan dapat membantu mengelola kondisinya, antara lain: Biji-bijian kaya serat: nasi merah, roti gandum, oat, dan quinoa Ikan Omega-3: salmon, sarden, makarel Produk susu berlemak- gratis Protein nabati: kedelai, edamame, tahu, dan tempe Bawang putih mempunyai sifat antihiperlipidemia. Mengurangi trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol. Aneka sayuran: kembang kol, kubis, brokoli.

Pasien dengan trigliserida harus mengonsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Baca selengkapnya: Apa yang harus saya lakukan jika trigliserida saya tinggi? Dengarkan berita terkini dan berita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top