Garuda Indonesia “Delay” 5 Jam Saat Pulangkan Jemaah Haji, Kemenag Protes

JAKARTA, virprom.com – Kementerian Agama (Kemenag) kembali memprotes kinerja Garuda Indonesia Airlines yang mengalami keterlambatan lima jam dalam memulangkan jamaah haji Indonesia.

Saiful Mujab, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, mengatakan ada penundaan selama lima jam untuk komunitas Kuala Lumpur Boarding Group (Klotter) 2 (KNO-02).

Saiful mengatakan dalam keterangan tertulis, Selasa (25/6/2024): “Penundaan yang begitu lama mengecewakan jamaah haji Indonesia. Apalagi mereka lelah setelah berangkat dari Makkah ke Madinah.

Saiful menjelaskan, penerbangan KNO-02 dijadwalkan berangkat dari Bandara Amir Mohammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada pukul 11.00 waktu Saudi.

Baca Juga: Jemaah Keluhkan Tenda Sempit, Timwas Korut Katanya Bentuk Komisi Khusus Haji

Jemaah meninggalkan hotel pada pukul 05.20 WIB, namun setelah sampai di bandara, Garuda Indonesia mengubah waktu penerbangan menjadi pukul 13.45 WIB.

“Ada penundaan yang lama ketika kami tiba di bandara. Saya berharap Garuda Indonesia bersikap profesional dan bertanggung jawab agar kejadian serupa tidak terulang kembali.”

Jadwalnya berubah tiga kali. Pergantian kedua terjadi pada pukul 15.45 WIB dan kembali terjadi pada pukul 16.33 WIB.

Akibatnya, penerbangan tersebut ditunda dari pukul 11.20 hingga 16.33,” kata Saiful. Terlambat 5 jam 13 menit. Garuda Indonesia tidak memberikan kompensasi apa pun kepada para jamaah.

Baca Juga: 1.301 Haji Meninggal, Arab Saudi Batal Haji 2024

Dia mengatakan, penundaan pertama Garuda Indonesia disebabkan adanya pembatasan penerbangan akibat suhu panas di landasan Bandara Medina.

Sedangkan alasan penundaan yang kedua adalah pemeriksaan jenazah pesawat yang rusak saat pesawat mendarat di Madinah.

“Informasi adanya perubahan jadwal disampaikan terlambat. Jadwal tersebut disampaikan dalam dua pemberitahuan, dan Garuda menunda tenggat waktu untuk menghindari kompensasi. Belum ada permintaan maaf resmi dari Garuda atas penundaan yang lama ini, tambahnya. Dapatkan berita dan pembaruan langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top