Anak dengan Kulit Sensitif Jangan Terlalu Sering Mandi Air Panas, Mengapa?

JAKARTA, virprom.com – Mandi dengan air hangat dianjurkan bagi bayi atau anak-anak, terutama jika masih bayi baru lahir atau dalam tahap awal persalinan.

Namun sayangnya, seringkali orang tua khawatir jika mandi dengan air yang sedikit hangat maka bayi akan masuk angin sehingga suhu air yang digunakan cukup hangat untuk kulit bayi.

Pengembangan produk perawatan kulit anak Pielmoist dr. Julia Lestari menemukan bahwa suhu air yang terlalu panas dapat mengeringkan kulit sensitif bayi dan membuatnya lebih rentan mengalami iritasi.

“Untuk aturan mandi, pastinya bayi dan anak diusahakan tidak mandi dengan air panas karena air panas mengeringkan kulit,” kata Yulia kepada virprom.com saat ditemui di Menara Kompas, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Anak di atas dua tahun bisa diperkenalkan secara bertahap dengan air dingin.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Mandi Air Panas atau Mandi Air Dingin? 3 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli perawatan kulit bayi

Kalaupun ingin menggunakan air panas, pastikan suhunya sedikit hangat atau dengan kata lain hangat.

Demikian pula, sebaiknya gunakan air yang sedikit hangat saat memandikan bayi di tahap awal kelahirannya.

Julia menjelaskan, orang tua juga harus memperhatikan waktu memandikan anak yang memiliki kulit sensitif. Jangan terlalu lama memandikan bayi dengan air yang sangat panas.

“Juga sebaiknya mandi lima sampai 10 menit. “Jika terlalu lama, apalagi suhu air terlalu panas, bisa membuat kulit bayi semakin kering,” jelasnya.

Selain itu, Julia menyarankan untuk memandikan anak yang memiliki kulit sensitif hanya satu atau dua kali sehari.

Baca juga: 6 Manfaat Mandi Air Panas Penghilang Stres 5 Tips Memilih Kereta Dorong Bayi Perhatikan Suspensinya

Pasalnya, seringnya memandikan bayi dapat mengganggu produksi minyak alami kulitnya. Dengan demikian, kulit anak menjadi kering dan lebih mudah mengalami alergi atau iritasi.

“Jika anak aktif, cukup mandi satu atau dua kali sehari,” kata dokter. Yulia:

Selain itu, orang tua juga tidak boleh melewatkan pelembaban kulit bayi setiap kali selesai mandi.

“Bahan yang dianjurkan mengandung pelembab. “Masyarakat umumnya sudah familiar dengan gliserin dan ceramide. Dengarkan berita dan berita pilihan langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita yang diinginkan: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top