7.000 Jemaah Haji Belum Punya “Smart Card”, Bisa Masuk Arafah dengan Syarat

MEKKAH, virprom.com – Hingga Kamis (13/6/2024) terdapat sekitar 7.000 jemaah haji Indonesia atau 3 persen jemaah haji yang belum mendapatkan kartu pintar.

Jamaah haji tanpa kartu pintar tetap bisa berangkat ke Arafah dengan syarat.

“Kalaupun tidak punya kartu pintar, asal punya visa dan izin, masyarakat menjamin mereka tetap bisa berangkat ke Arafa,” kata Khalilur Rahman, Kepala Wilayah Kerja (Dekker) Makkah, Kamis (8/7). 13/). 6/2024) malam.

Baca Juga: 13.000 Jemaah Haji Tak Punya Kartu Pintar, Menag: Skema Manual Dilanjutkan Kembali

Khalil mengatakan, pihaknya menindaklanjuti masyarakat untuk segera menerbitkan kartu pintar kepada jemaah haji yang belum menerimanya.

Sisanya 7.000 atau sekitar 3 persen, ujarnya.

Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan hari sebelumnya, Rabu (12/6/2024), yang jumlah jemaah tanpa kartu pintar dilaporkan sebanyak 13.000 orang.

Sebelumnya, Menteri Agama Yakut Cholil Koumas mengatakan, hingga saat pemberangkatan, apabila jamaah haji belum mendapatkan kartu pintar atau kartu penusuk, rencananya akan dilakukan pemeriksaan manual.

“Rencana manual akan menjadi cadangan. Arab Saudi sangat terbuka, komunikasi lancar, telepon pasti diangkat dan WA dijawab menteri haji, ujarnya.

Baca Juga: Jamaah Haji Tanpa Smart Card Tidak Bisa Masuk Armuzna di Puncak Haji

Kartu pintar ini merupakan kartu masuk Arafah bagi jamaah haji. Nantinya, saat berangkat ke Arafah, kartu pintar jamaah akan dipindai sebelum naik bus.

Pintu bus akan ditutup setelah semua jamaah yang terdaftar dan dipindai masuk ke dalam bus. Pejabat Arab Saudi akan membuka segel setelah mencapai Arafat.

Apabila terjadi kendala dalam pemindaian kartu pintar atau jika jemaah tidak memiliki kartu pintar, maka akan dipisahkan dari rombongan, kemudian diproses secara manual dan ditinggal di bus berikutnya.

Jamaah haji akan berangkat ke Arafa pada Jumat (14/6/2024) pukul 06.00 WIB atau 10.00 WIB.

Trip pertama berangkat pukul 06.00 hingga 10.00 WIB, trip kedua pukul 10.30 hingga 15.00 WIB, dan trip ketiga pukul 15.30 hingga 20.00 WIB.

Jamaah akan menunaikan wukuf di Arafa pada Sabtu (15/6/2024). Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top