Mobil Listrik Bekas Sulit Dijual, Mobil Listrik Baru Terus Bermunculan

JAKARTA, virprom.com – Industri mobil listrik di Indonesia terus berkembang pesat dengan berbagai model dan model baru yang masuk ke pasaran.

Meskipun hal ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan pilihan kendaraan ramah lingkungan bagi konsumen, hal ini juga menciptakan tantangan baru dalam penjualan kendaraan listrik bekas.

Agus, pemilik Auto Haus, sebuah diler mobil di Jakarta Pusat, yakin mobil listrik membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Baca juga: Jajak Pendapat: 49 Persen Warga Jakarta Tolak Batasan Usia Mengemudi

“Kalau pemerintah serius, ini akan terus berlanjut. Tapi saat ini kita lihat stasiun pengisian SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) belum merata,” kata Agus.

Kesenjangan ini menjadi salah satu kendala utama bagi masyarakat mampu membeli mobil listrik bekas, dan bagi mereka yang khawatir dengan ketersediaan alat pengisian daya yang memadai dan mudah, permasalahan lainnya adalah penggantian baterai.

“Ganti baterainya berapa? Bisa ratusan juta seperti yang dijual Wuling,” ujarnya.

Mahalnya biaya penggantian aki mobil listrik menjadi beban tambahan bagi calon pembeli yang mungkin lebih cenderung memilih mobil listrik baru dengan jaminan kondisi aki masih bagus.

Agus juga menyoroti persaingan yang semakin ketat dengan munculnya model kendaraan listrik baru dengan harga bersaing.

Baca Juga: Dealer Mobil Bekas Masih Enggan Jual Mobil Listrik Bekas

Selain itu, mobil listrik terus bermunculan dengan harga yang tidak jauh dari sebelumnya, namun dengan desain yang lebih baik.

Kemajuan tersebut memaksa konsumen untuk bersabar dan menunggu mobil listrik baru dengan teknologi dan fitur terkini, sehingga semakin sulit menjual mobil listrik bekas. Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Untuk menemukan saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top