Bagaimana Cara Mengetahui Kulit Anak Sensitif atau Tidak?

JAKARTA, virprom.com – Kulit bayi lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa. Namun beberapa bayi memiliki kulit sensitif sejak lahir.

Kedua orang tua harus mengetahui hal ini sejak anaknya lahir. Karena dengan mengetahui hal tersebut, orang tua bisa lebih memahami cara merawat jenis kulit sensitif.

Lalu bagaimana cara mengetahui bayi Anda memiliki kulit sensitif?

Sebagai tanggapan, dokter dan pengembang produk Dr. Pielmoist. Yulia Lestari mengungkapkan, orang tua sebaiknya memahami ciri-ciri umum kulit sensitif.

Jika kulit anak terlihat kering, mudah memerah, dan sering mengalami infeksi kulit, bisa jadi ini merupakan tanda awal bahwa kulitnya sensitif.​

Baca Juga: Apakah Bayi Anda Memiliki Kulit Sensitif? Pilih produk perawatan kulit Anda

Ciri-ciri kulit sensitif sering kali berupa kulit kering, kemerahan, atau rawan merah. Kemudian timbul ruam, dan masalah kulit lainnya mudah berkembang, kata dr Yulia saat ditemui di Menara Kompas, Jakarta Pusat, baru-baru ini kepada Luopan.com.

Meskipun kondisi ini umum terjadi pada kulit sensitif bayi, kondisi ini lebih mungkin terjadi jika anak Anda bersentuhan langsung dengan produk yang tidak cocok untuk kulitnya.​

“Hal ini sebenarnya cukup umum terjadi pada bayi, namun bisa lebih parah jika produk perawatan kulit atau bahan perawatan kulit yang digunakan salah,” ujarnya.

Oleh karena itu, jika bayi Anda langsung mengalami reaksi kulit tertentu setelah menggunakan produk perawatan kulit, berarti sebaiknya Anda berhenti menggunakan produk perawatan kulit tersebut.

“Jika kulit sensitif, timbul ruam, tanda-tanda kekeringan, dan bayi merasa tidak nyaman, maka iritasi dapat terjadi dengan cepat,” kata Dr. Julia.

Sementara itu, Dr. Yuliya juga mengatakan, jenis kulit anak termasuk sensitif dan bisa diketahui dengan mata telanjang. Hal ini sering ditandai dengan kulit kering.

Meskipun kekeringannya parah, anak Anda mungkin mengalami kulit terkelupas. Oleh karena itu, jika hal ini terjadi sebaiknya segera diobati agar kondisinya tidak semakin parah.​

“Anda bisa melakukan keduanya, dan Anda bisa belajar tentang perawatan kulit tanpa sentuhan, yang berarti kita pasti akan tahu jika kita melihat kulit kering,” katanya.​

Baca juga: Bisakah Bayi Berkulit Sensitif Menjadi Normal? Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top