Cak Imin Sebut Pemerintahan Jokowi Sentralistik, Kepala Daerah PKB Harus Inovatif

JAKARTA, virprom.com – Ketua Umum Partai Kesadaran Nasional (PKB) Muhaimin Iskandar ingin kepala daerah diusung oleh PKB yang punya inovasi.

Menurut dia, inovasi yang dilakukan kepala daerah penting karena pemerintahan Presiden Joko Widodo bersifat sentralistik, yakni banyak campur tangan terhadap pemerintahan daerah.

“Ekstrem di akhir era Pak Jokowi, semua otonomi daerah hampir sepenuhnya terpusat,” kata Muhaimin, Kamis (2/5/2019) bersama calon kepala daerah di Grand Sahid Jaya, Jakarta, dalam forum tersebut . 2024).

Baca Juga: Kaek Emin Tetap Mau Berdebat dengan Prabowo Soal Food Estate Meski Sarankan Masuk Kim

Cak Imin, sapaan akrabnya, menilai kepala daerah harusnya punya inisiatif agar bisa bekerja dengan baik.

Pasalnya, sentralisasi membuat banyak kepala daerah memilih pasif dan mengikuti instruksi pemerintah pusat.

“Inovasi kemudian menurun, inisiatif ide-ide baru berbasis suatu daerah juga menurun,” kata Cac Imin.

Baca Juga: PKB Sebut Sudah Punya Citra Saingi Khofifah, Pastikan Bukan Kek Imin

Wakil Ketua DPR ini mengungkapkan, salah satu dampak negatif sentralisasi adalah penguasaan sumber daya alam yang pada akhirnya hanya menguntungkan segelintir pihak.

Muhaimin mengatakan, banyak daerah yang memiliki sumber daya besar namun masyarakatnya masih miskin dan pembangunan belum maksimal.

Oleh karena itu, inovasi dan kreativitas kepala daerah mutlak diperlukan agar sentralisasi tidak membebani inovasi daerah, kata Cac Imin. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top