5 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows dengan Mudah dan Cepat

virprom.com – Penting bagi pengguna untuk mengetahui beberapa langkah saat memeriksa laptop Windows sebelum memutuskan untuk membelinya. Salah satu langkahnya adalah dengan mengecek spesifikasi laptop Windows Anda.

Cara mengecek spesifikasi laptop Windows yang satu ini akan berguna bagi pengguna, terutama ketika ingin membeli laptop. Seperti yang kalian ketahui, setiap laptop mungkin mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda.

Baca juga: 6 Cara Mudah dan Praktis Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Anda

Untuk memahami spesifikasi laptop tersebut, pengguna bisa mengeceknya sendiri melalui Windows. Sekadar informasi, sistem operasi Windows menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna melihat spesifikasi laptop.

Dengan fitur ini pengguna akan dapat melihat kapasitas RAM, tipe CPU, kecepatan CPU, tipe sistem dan parameter lain yang digunakan pada laptop. Informasi ini dapat membantu pengguna mempertimbangkan untuk membeli laptop di masa mendatang.

Karena bermanfaat, pengguna harus mengetahui cara mengecek spesifikasi laptop Windows. Lalu bagaimana cara melihat spesifikasi laptop Windows? Jika ingin mengetahuinya, simak penjelasan cara melihat spesifikasi laptop Windows berikut ini. Cara melihat spesifikasi laptop Windows

Melihat spesifikasi laptop Windows sangatlah sederhana. Untuk melihat spesifikasinya, pengguna tidak perlu khawatir menggunakan aplikasi tambahan. Cara mengecek spesifikasi laptop Windows bisa dilakukan dengan menggunakan fitur bawaan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan pengguna untuk melihat spesifikasi laptop Windows. Misalnya pengecekan spesifikasi laptop Windows bisa dilakukan melalui menu setting, Windows Explorer, command line, dan lainnya.

Mengecek spesifikasi laptop Windows dari menu dan program terdiri dari berbagai langkah. Penjelasan lebih detail mengenai beberapa cara melihat spesifikasi laptop Windows adalah sebagai berikut. 1. Cara melihat spesifikasi laptop Windows menggunakan Windows Explorer

Cara melihat spesifikasi laptop Windows yang pertama bisa dilakukan dengan menggunakan Windows Explorer atau dikenal juga dengan My Computer. Cara ini akan menampilkan informasi spesifikasi sama seperti cara pertama. Langkah-langkahnya sebagai berikut: Buka Windows Explorer di laptop Windows Anda. Kemudian cari folder bernama “This PC” atau “My Computer”. Klik kanan pada folder tersebut dan pilih “Properti”. Terakhir, sistem akan menampilkan beberapa spesifikasi laptop seperti kapasitas RAM, jenis CPU, kecepatan CPU dan lainnya. 2. Cara mengecek spesifikasi laptop Windows melalui menu pengaturan

Cara mengecek spesifikasi laptop Windows yang kedua adalah melalui menu Setting. Pada menu ini pengguna akan dapat mengetahui informasi mengenai spesifikasi laptop. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut: Klik logo Windows atau menu Start, lalu pilih menu Pengaturan. Kemudian pilih menu Sistem dan klik Informasi. Terakhir, sistem akan menampilkan beberapa spesifikasi laptop seperti kapasitas RAM, jenis CPU, kecepatan CPU dan lainnya.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengatur Kecerahan Layar Laptop dan PC Windows 3. Cara Melihat Spek Laptop Windows Menggunakan System Information

Ketiga, cara melihat spesifikasi laptop Windows bisa dilakukan melalui sistem informasi. Cara ini akan mampu memuat informasi lebih lengkap mengenai spesifikasinya. Langkah-langkahnya sebagai berikut: Tekan kotak pencarian pada menu Start di laptop Windows Anda. Kemudian masukkan informasi sistem Anda di kolom. Jika muncul hasil pencarian, pilih System Information. Pengguna kemudian akan dapat melihat beberapa spesifikasi dari laptop tersebut seperti jenis kartu grafis, jenis prosesor, kapasitas dan jenis memori, dan lainnya.

4. Cara cek spesifikasi laptop Windows menggunakan command line

Cara mengecek spesifikasi laptop Windows selanjutnya adalah dengan menggunakan program Command Prompt. Dalam program ini, pengguna dapat meminta untuk memberikan informasi mengenai spesifikasi laptop. Langkah-langkahnya sebagai berikut: Tekan kolom pencarian di menu Start laptop Windows Anda. Kemudian masukkan baris perintah pada kolom tersebut. Jika muncul hasil pencarian, pilih program Command Prompt. Lalu ketik “systeminfo” (tanpa tanda kutip). Terakhir, sistem akan menampilkan beberapa spesifikasi laptop seperti mode kartu jaringan, kapasitas RAM, jenis prosesor, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top