Joan Mir Mulai Bimbang Bersama Honda

JAKARTA, virprom.com – Kepergian Jorge Martin ke Aprilia dan masuknya Marc Marquez ke tim pabrikan Ducati menimbulkan gejolak di bursa transfer pebalap 2025. Salah satunya adalah pebalap Repsol Honda Joan Mir.

Di sisi lain, Aleix Espargaro yang memutuskan pensiun usai musim 2024 menerima tantangan tersebut dan menjadi test rider Honda musim depan. Namun kedatangan Espargaro tak memberikan optimisme bagi pebalap Honda.

Baca juga: Pemerintah Jamin Subsidi Konversi Sepeda Motor Listrik Tetap Berlanjut di 2025

Mir, juara dunia MotoGP 2020, dikabarkan sedang mempertimbangkan kesepakatan dengan Honda. Melihat kiprah Honda, pebalap asal Spanyol itu tak mau terburu-buru memperpanjang kontrak.

“Pertama-tama, saya ingin mengatakan bahwa masih terlalu dini bagi saya untuk membicarakan suatu keputusan,” kata Mir seperti dikutip Speedweek, Kamis (6/6/2024).

“Ada beberapa kemungkinan dan saya pikir akan ada lebih banyak lagi. Saat kami berada di Assen dalam beberapa minggu ke depan, saya akan melihat lebih dekat masalah ini,” ujarnya.

Mir belum mau berbicara detail mengenai langkah selanjutnya. Apakah Anda masih percaya dengan proyek Honda atau akan pindah ke tim lain. Namun, dia mengakui Honda sedang krisis dan harus bekerja keras untuk pulih.

“Sayangnya, kami harus mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, kinerja orang-orang di Honda saat ini semakin buruk,” ujarnya.

Baca juga: Ingat: Memainkan Ponsel Sambil Mengisi Bahan Bakar Bisa Sebabkan Kebakaran.

“Ketika saya dihadapkan pada keputusan membalap untuk Honda, saya punya semua pilihan. Sekarang pilihannya jauh lebih sedikit. Motor yang Anda kendarai juga berperan dalam pilihan pembalap,” katanya.

Mir lantas mencontohkan Marc Marquez. Meski sudah mengantongi enam gelar juara dunia, Marquez harus “menyerah” untuk pindah ke tim satelit, membuktikan diri dan kemudian bergabung dengan tim pabrikan.

Ya, itu penting, tapi apa yang terjadi hari ini masih lebih penting daripada yang terjadi sebelumnya (gelar Piala Dunia). Ambil contoh Marquez. Dia punya enam gelar MotoGP dan dia bergabung dengan tim independen, katanya.

Baca juga: Benarkah Mobil yang Melaju Lambat Sering Rusak Businya?

Secara tidak langsung, Mir tak ingin bertahan bersama Honda karena butuh tantangan baru. Namun, jika situasinya menjadi lebih sulit dan Honda tetap menjadi satu-satunya pilihan, ia mempertimbangkan untuk pensiun.

Mir sebelumnya mengatakan sedang mempertimbangkan opsi pensiun dini, seperti Casey Stoner. Namun setelah dikonfirmasi, ia menarik kembali pemikirannya dan mengatakan masih mengingini gelar tersebut.

“Sejujurnya, hari ini saya tidak berpikir saya akan pensiun karena pasti ada cara untuk terus maju dan saya telah belajar bahwa ketika Anda mencoba sesuatu yang baru, itu bagus,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan rangkaian berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top