Polri Serahkan Kasus TPPU Istri Fredy Pratama ke Kepolisian Thailand

JAKARTA, virprom.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mencapai kesepakatan dengan kepolisian Thailand terkait penanganan kasus peredaran narkoba yang dilakukan Fredy Pratama di jaringan internasional.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Mukti Juharsa menjelaskan, pihaknya sepakat tindak pidana pencucian uang (TPPU) istri Fredy Pratama akan ditangani kepolisian Thailand.

“Kemarin kita sepakat bahwa upaya TPPU akan dilakukan terhadap istri Fredy Pratama di Thailand. Jadi ada perkembangan bahwa istri Fredy Pratama akan menderita di Thailand,” kata Mukti di Bareskrim Polri, Senin (6/1). 5/2024).

Baca juga: Ayah Gembong Narkoba Fredy Pratama Divonis 1,8 Tahun Penjara, Semua Hartanya Disita Negara

Nantinya, kata Mukti, Polri akan membantu kepolisian Thailand, dengan memberikan data hasil penyelidikan yang dilakukan selama ini.

“Kami terus berkoordinasi, agar TPPU berdasarkan laporan polisi kami bisa diungkapkan oleh Thailand. Polisi Thailand hanya meminta mereka yang mengungkap TPPU,” kata Mukti.

Sedangkan kasus peredaran narkoba, lanjut Mukti, akan ditangani oleh Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri.

Sebab, pengungkapan tindak pidana Fredy Pratama pertama kali terjadi di Indonesia.

Mukti mengatakan, pihaknya mendesak kepolisian Thailand segera menyerahkan Fredy Pratama ke Indonesia, jika tertangkap di negara tersebut.

Hasil pertemuan kami dengan kepolisian Australia, Malaysia, dan Thailand menjelaskan bahwa Fredy Pratama masih berada di Thailand, dan masih di dalam hutan, pungkas Mukti.

Baca juga: Bareskrim Bongkar Pabrik Ekstasi Fredy Pratama di Jakut, 6 Tersangka Ditangkap

Sekadar informasi, Fredy Pratama merupakan tulang punggung jaringan peredaran narkoba internasional yang mencakup sabu dan ekstasi di Malaysia dan Indonesia.

Fredy masih bebas. Dia diduga bersembunyi di Thailand.

Polri menangkap sekitar 58 anak buah Fredy Pratama atas tuduhan tindak pidana narkoba dan pencucian uang (TPPU).

Fredy dikenal dengan nama samaran The Secret, Cassanova, Mojopahit, dan Airbag. Dikatakan juga bahwa dia mengubah kepribadian dan wajahnya melalui operasi plastik. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top